Brilio.net - Smartphone menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang, baik untuk berkomunikasi, menjalankan bisnis, menyelesaikan pekerjaan kantor dan masih banyak lainnya. Saking pentingnya, orang menjadi sangat khawatir jika baterai smartphone-nya habis. Saat indikator baterai tampak merah, smartphone secepatnya di-charge. Namun jika tak memungkinkan untuk mengisi daya dari colokan listrik, kamu bisa menggunakan powerbank.

Meski sekarang ini smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kapasitas baterai yang besar, namun tetap saja orang masih membutuhkan powerbank. Pasalnya powerbank dianggap lebih efektif, mengingat fungsi utamanya yang sebagai pengisi ulang baterai kapan dan di mana saja kamu berada.

Namun penggunaan powerbank terlalu sering ternyata akan berdampak buruk pada kondisi smartphone kamu. Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika menggunakan powerbank, sehingga smartphone mereka menjadi gampang rusak. Tak hanya itu saja, ada beberapa isu yang beredar, penggunaan powerbank bisa menyebabkan smartphone terbakar atau meledak. Hal ini tentunya harus membuat kamu lebih berhati-hati ketika menggunakan powerbank bukan?

Nah karena banyak sekali yang mengatakan bahwa powerbank bisa menyebabkan beterai rusak, oleh karena itu, ketahui penyebab yang sebenarnya kenapa powerbank bisa merusak HP. Berikut ini beberapa alasan yang bisa saja penyebab kerusakan handphone karena terlalu sering menggunakan powerbank. Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Menggunakan konektor yang tidak original.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: instructables.com

Ketika kamu membeli powerbank, biasanya kamu akan diberikan konektor pula untuk menghubungkan ke smartphone kamu. Ada baiknya untuk mengecek telebih dahulu, apakah kualitasnya cocok dengan smartphone yang kamu gunakan. Pasalnya kesalahan penggunaan konektor bisa berakibat fatal pada kesehatan smartphone kamu. Jika kamu ragu dengan konektor tersebut, ada baiknya untuk menggunakan konektor smartphone yang original.

2. Mematikan ponsel saat sedang mencharge dengan Powerbank.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: tespack.com

Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan orang adalah, menggunakan smartphone ketika sedang di-charge. Padahal ini tidak tepat. Selain berakibat buruk untuk powerbank, kesehatan smartphone kamu juga menjadi taruhannya.

Tak hanya itu saja, mengoperasikan smartphone ketika masih di-charge akan membuat daya baterai penuh lebih lama. Lebih dari itu ini sangat tidak efektif karena membuat kinerja powerbank kurang maksimal.

3. Powerbank dengan harga murah.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: makeuseof.com

Sudah tidak heran lagi jika sekarang ini banyak sekali powerbank dengan harga murah namun menawarkan kapasitas daya yang besar. Tentu ini membuat kamu tergiur bukan? Kamu perlu lebih teliti lagi ketika hendak membeli powerbank, lebih baik beli harga yang sedikit mahal dan kualitasnya sudah terjamin dari pada kamu harus membeli smartphone baru dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa kasus menyebutkan bahwa, powerbank yang dibanderol harga murah biasanya menggunakan baterai daur ulang. Jelas sudah, powerbank seperti ini akan merusak ponsel pintar kamu jika digunakan terus menerus.

4. Melanjutkan charge ketika handphone terasa panas.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: easyacc.com

Kamu pasti bisa merasakan, ketika mencoba mengisi daya dengan powerbank, smartphone akan terasa sangat panas. Namun sayangnya sebagian orang tidak peduli dengan hal itu, mereka tetap mengisi baterai smartphone-nya.

Hal ini tidaklah tepat, selain bisa merusak smartphone kamu, hal buruk lainya juga bisa terjadi, seperti smartphone atau powerbank akan meledak. Jadi kamu harus lebih hati-hati ya. Lebih baik untuk menghindari menggunakan powerbank jika tidak terlalu penting.

5. Charge handphone dengan powerbank sampai penuh.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: easyacc.com

Saking merasa nyaman dan nggak ribet menggunakan powerbank saat mengisi daya smartphone, orang jadi lupa untuk tidak terus-terusan menggunakan powerbank. Terkadang dibiarkan baterai sampai penuh terisi. Padahal, ketika baterai handphone sudah sampai 80-90%, sebaiknya kita lepas dari powerbank. Hal ini lantaran ketika kita memaksakan untuk charge hingga penuh, powerbank akan mengeluarkan energi lebih banyak dan menjadi lebih cepat habis. Tidak hanya smartphone saja yang menjadi korban, namun masa pemakaian powerbank banuk juga akan berkurang.

6. Output powerbank yang tidak sesuai.

Kesalahan gunakan powerbank Istimewa

foto: ebay.com

Kecerobohan banyak orang adalah, kurang peduli dengan berbagai hal yang bisa memberikan dampak buruk pada ponsel mereka. Salah satunya tidak memperhatikan apakah output powerbank yang mereka gunakan sudah sesuai dengan smartphone mereka atau belum.

Perlu kamu ketahui, output powerbank yang kamu gunakan benar-benar harus sesuai dengan smartphone kamu. Di mana tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh pula terlalu tinggi. Jika kamu bisa memperhatikan ini, maka kamu bisa menggunakan powerbank dengan aman dan tidak merusak smartphone kamu.

(brl/guf)

(brl/guf)