Brilio.net - Smartphone membuat komunikasi menjadi lebih instan dan aman, baik itu dengan keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja. Berbagai aplikasi chatting telah berkembang dan menyediakan fitur panggilan suara dan video, hingga berbagi foto file dengan manfaat enkripsi tambahan. Tentunya ini menjadi sangat memudahkan orang lain untuk melakukan banyak hal.

Dari sekian banyak aplikasi chatting, WhatsApp menjadi yang sangat populer dan banyak digunakan orang hampir di seluruh dunia. Di tengah tingginya pengguna WhatsApp, namun ada saja berita yang tidak menyenangkan datang. Salah satunya yang baru-baru ini terjadi, di mana pengguna dihebohkan dengan temuan virus terbaru bernama "New Year Virus".

Virus ini memakan banyak korban, pasalnya pengguna merasa tertipu karena virus berkamuflase sebagai ucapan tahun baru. Tautan itu menggiring orang yang membukanya ke web yang terjangkit virus yang membahayakan ponsel pintar dan PC.

Dilansir brilio.net dari Gizchina, Rabu (8/1), New Year Virus dapat membuat perangkat yang terjangkit mendapatkan iklan yang invasif, serta pengambilan data pribadi atau membuat korbannya berlangganan sesuatu yang tidak penting. Sebenarnya virus ini bisa dihindari, namun karena menyerang bertepatan pada Tahun Baru, pengguna WhatsApp banyak yang menjadi korban karena mengira pesan yang dikirim adalah ucapan tahun baru seperti biasanya.

Itu salah satu contoh kasus virus yang menyerang WhatsApp, namun masih banyak jenis virus lainnya yang sangt menyebalkan dan bisa membuat ponsel kamu bermasalah. Nah apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/1).

Loading...

1. Missed Call

Pengguna WhatsApp (WA) wajib waspada pixabay.com

foto: pixabay.com

WhatsApp juga menemukan celah keamanan berbahaya lewat panggilan suata (voice call), di mana seseorang yang berniat jahat bisa menyisipkan sebuah program mata-mata alias spyware untuk mencuri data dari ponsel pengguna WhatsApp.

Parahnya, spyware itu bisa tetap menyelinap dan terpasang dan terpasang di ponsel meskipun panggilan suara tadi tidak dijawab (missed call) oleh korban. Pihak WhatsApp yang menyadari hal ini langsung melakukan perbaikan terhadap aplikasi chatting itu.

2. WhatsApp Gold.

Pengguna WhatsApp (WA) wajib waspada pixabay.com

foto: tellerreport.com

WhatsApp Gold merupakan jebakan bagi para pengguna WhatsApp. Pengguna akan dibuat percaya untuk mengunduh software berbahaya ini, seolah-olah ini merupakan aplikasi terbaru. Secara khusus, penipu-penipu telah menyebarkan pesan-pesan yang membuat para korban terburu-buru untuk memperbaharui akun mereka ke WhatsApp Gold versi premium. Namun sebenarnya, WhatsApp Gold itu tidak ada.

Ketika pengguna mencoba mengunduhnya, maka yang terjadi adalah mereka akan diarahkan ke malware yang menunggangi situs-situs dan ekspose-ekspose pengguna pada resiko besar yang menyebabkan perangkat mereka terinfeksi.

Penipuan ini terjadi pada 2016 silam, namun bukan tidak mungkin permasalahan yang sama bisa terulang kembali. Maka sebagai pengguna WhatsApp sebaiknya lebih teliti dan jangan mudah tertipu dengan iklan-iklan yang masuk.

3. Virus FinSpy.

Pengguna WhatsApp (WA) wajib waspada pixabay.com

foto: pixabay.com

Virus FinSpy cukup membuat resah pengguna WhatsApp. Pasalnya jenis virus satu ini bisa berfngsi pada perangkat iOS dan Android, serta memantau aktivitas di hampir seluruh layanan pesan populer, termasuk yang dienkripsi, dan menyembunyikan jejaknya jauh lebih baik dari sebelumnya. Alat ini bisa memata-matai semua aktivitas perangkat dan mengekstrak data sensitif seperti lokasi GPS, pesan, gambar, panggilan, dan lainnya.

4. Skygofree.

Pengguna WhatsApp (WA) wajib waspada pixabay.com

foto: pixabay.com

Skygofree merupakan sebuah malware yang cukup berbahaya apabila masuk ke smartphone. Pasalnya mereka bisa meretas dan mengintip pesan WhatsApp dan mengambil foto menggunakan kamera smartphone tanpa diketahui oleh penggunanya.

Tak hanya itu saja, parahnya lagi, malware ini juga mampu melacak rekaman audio dan melacak lokasi, serta melihat ke history browser pengguna, sehingga bisa saja membobol password atau hal-hal penting lainnya. Jelas saja ini virus yang sangat berbahaya dan bisa mengancam si pengguna smartphone.

5. Pesan berantai.

Pengguna WhatsApp (WA) wajib waspada pixabay.com

foto: pixabay.com

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mendapatkan pesan berantai di WhatsApp yang disertai dengan ajakan untuk membuka link tertentu. Apabila kamu menemukan pesan seperti ini lagi, lebih baik untuk diabaikan. Pasalnya ini akan sangat membahayakan.

Link yang akan kamu klik itu bisa saja berupa malware yang dapat mencuri data informasi pengguna yang tersimpan di dalam smartphone.