Brilio.net - Instagram adalah salah satu platform media sosial yang sangat populer di dunia. Instagram seolah jadi perusahaan 'mobile first' atau unggulan sejak awal kemunculannya.

Seiring berjalannya waktu, secara bertahap fitur-fitur baru mulai bermunculan. Mulai dari Story hingga IGTV kini sangat disukai para pengguna. Sejauh perkembangan Instagram, kamu hanya bisa mengunggah foto atau video melalui Android. Terlepas dari keinginan dijadikan sebagai feed maupun story.

Namun kini, Instagram sudah mulai merambah dan bisa dibuka melalui desktop atau website. Meski sudah bisa diakses di komputer, nyatanya Instagram masih membutuhkan aplikasi untuk mengunggah foto langsung. Menggunakan aplikasi Bluestack, Continuity, dan Handoff, misalnya. Ketiga aplikasi itu mampu menjembatani antara Android atau iPhone dan website di komputer.

Pasalnya kamu mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di komputer, dibanding memegang Android. Rasanya akan lebih mudah untuk memposting ke Instagram dari desktop daripada ponsel. Kendati demikian, bukankah lebih bagus IG punya fitur itu di versi web Instagram?

Kabar baiknya, melalui Chrome sekarang kamu bisa mengunggah Instagram Story lewat web. Kamu juga dapat melihat IG Story atau cerita teman di bagian atas feed. Jika kamu tertarik mempelajari cara kerja ekstensi ini, ‍berikut cara mudah membuat Instagram (IG) Story melalui PC atau komputer, brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/1).

Loading...

1. Buka halaman web Chrome.

2. Langkah selanjutnya, buka akun Instagram.

3. Setelah kamu berada di halaman Instagram, klik kanan di mana saja (bisa di dekat profilmu). Lalu klik atau pilih menu 'Inspect'. Menu ini ada pada bagian paling bawah.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: Brilio.net

4. Kamu akan melihat sekelompok kode. Jangan panik jika kode di sisi kanan muncul. Kamu tidak perlu tahu arti dari masing-masing kode tersebut.

5. Klik atau pilih 'dock' di sebelah kanan.

6. Kemudian klik pada ikon yang tampak seperti iPhone dan iPad di bagian kiri atas halaman dengan kode.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: Brilio.net

7. Tekan refresh di browser. Maka laman Story atau cerita akan muncul. Persis seperti dari aplikasi Instagram di ponsel.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: Brilio.net

8. Klik pada + biru di bagian IG Story dan pilih file yang kamu ingin posting.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: Brilio.net

9. Jangan ragu untuk mengedit sesuka hati. Terakhir, klik 'Add to your story'.

Cara mengunggah gambar feed dari situs web desktop Instagram.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang ingin mengunggah foto langsung di Instagram dari PC. Bisa menggunakan cara yang sama seperti di atas. Hanya saja, pada poin delapan, kamu bukan memilih menu Story, tapi pilih tambah foto.

Dengan teknik ini, sebenarnya nggak ada yang berbeda dengan posting foto atau Story seperti di ponsel. Melalui PC, kamu juga bisa menambahkan teks atau stiker.

Dengan posting menggunakan PC, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memindahkan file foto yang terdapat di PC. Saat kamu ingin posting foto di Instagram, kamu sudah bisa langsung mengunggahnya langsung lewat PC.

Untuk mempercantik foto, kamu juga bisa menggunakan filter edit yang disediakan Instagram seperti di ponsel. Tapi perlu diingat, beragam fitur yang ditawarkan di PC, masih kurang sempurna seperti berselancar lewat ponsel.

Instagram versi web hanya bisa mengenali file gambar dengan ekstensi JPG atau JPEG saja. Untuk gambar dengan ekstensi GIF atau PNG serta video belum bisa diunggah ke Instagram lewat PC.

Cara membuat kolase di Instagram Story.

unggah Story lewat PC freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu fitur baru dari Instagram yang bisa memanjakan pengguna adalah membuat kolase sendiri di Story. Dilansir dari The Verge, pihak Instagram mencanangkan fitur baru yang diberi nama Layout Story.

Fitur ini tentu saja akan memperkaya dan membuat IG Story jadi lebih berwarna. Menggunakan Layout Story ini, kamu bisa dengan mudah mengunggah kolase foto hingga enam deret dalam sekali posting.

"Dengan Layout, kamu bisa mengambil dan berbagi banyak foto dalam satu Story, cara baru dan kreatif untuk mengekspresikan dirimu," tulis aplikasi milik Facebook ini di laman resmi Instagram.

- Pastikan Instagram-mu berada pada versi yang paling baru.

- Buka aplikasi Instagram yang ada di Android.

- Buka pada bagian Story seperti biasa.

- Gulir fitur Instagram Story yang berada di bawah tombol shutter.

- Pilih menu 'Layout', fitur ini berada di tengah-tengah antara boomerang dan superzoom.

- Akan muncul beberapa pilihan layout, kamu bebas memilih desain mana yang diinginkan.

- Tambahkan dua hingga enam foto sekaligus pada layout tersebut.

- Kamu bisa mengambil foto secara langsung, atau dari galeri ponsel. Dengan cara klik atau pilih galeri di bagian pojok kiri bawah

- Kamu hanya bisa menambahkan foto satu persatu. Jadi harus bergantian setidaknya selama enam kali.

- Jika ingin menghapus foto, klik atau pilih ikon backspace. Atau bisa juga dengan memilih menu hapus pada tombol shutter.

- Setelah yakin dengan foto pilihan, kamu bisa mengunggahnya. Klik tombol 'shutter' dengan tanda centang.

- Kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat Instagram Story-mu itu. Mau semua orang (publik) atau hanya untuk teman dekat saja.