Brilio.net - Hampir semua orang pernah menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan. Aplikasi instan perpesanan ini seolah jadi tren tersendiri di seluruh dunia. Kemudahan dan kecanggihan WhatsApp membuat pengguna senang dan sering menggunakannya. Dasar penggunaan WhatsApp adalah dengan menyimpan nomor telepon rekan pada kontak. Kemudian buka aplikasi, lalu refresh kontak.

Dengan begitu nomor baru yang telah kamu masukkan tadi, secara otomatis muncul di menu kontak WhatsApp. Selanjutnya kamu bisa langsung mengobrol dan ber-chatting ria dengan rekanmu itu. Kendati demikian, tak ingin merepotkan dan membuat ribet pengguna, kini kamu bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomornya. Ada banyak trik WhatsApp yang bisa memudahkanmu.

Pihak WhatsApp telah merekomendasikan cara mudahnya, yakni menggunakan tautan Wa.me. Informasi dan cara pakainya sudah tertera di laman WhatsApp FAQ. Selain itu juga, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan melalui Google. Nggak hanya berhenti di situ saja, lagi-lagi WhatsApp tak ingin mengecewakan pengguna. Perusahaan milik Facebook ini terus mencanangkan beragam fitur baru.

Salah satu fitur yang nggak bikin ribet, yaitu mengirim pesan tanpa perlu mengetik kata-katanya. Tanpa mengetik pesan, kamu bisa menghemat waktu. Setidaknya ada dua cara mudah yang bisa kamu praktikkan. Apa saja dan bagaimana caranya? Daripada penasaran, langsung simak cara mudahnya seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/1).

Cara mengirim pesan WhatsApp melalui fitur audio.

Loading...

WhatsApp tanpa mengetik freepik.com

foto: freepik.com

Untuk menggunakan cara berikirim pesan ini, kamu perlu memastikan suara dan artikulasi yang dikeluarkan jelas. Agar smartphone kamu bisa mendeteksi suara yang kamu keluarkan dengan benar dan tidak ada kesalahan.

1. Terlebih dulu, ubah pengaturan atau setting pengetikan di smartphone.

2. Masuklah ke menu Language & Input.

3. Kemudian aktifkan fitur Google Voice Typing.

4. Langkah selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone.

5. Pilih kontak yang ingin kamu kirimi pesan teks.

6. Ketukkan sekali saja pada papan teks, tunggu hingga muncul deretan keyboard di layar smartphone.

7. Setelah itu, tekan atau klik ikon mikrofon pada bagian paling bawah selama beberapa detik.

8. Tunggu sampai tanda mikrofon berwarna hijau muncul.

9. Kalau sudah, kamu bisa mulai mengucapkan pesan yang ingin kamu kirimkan.

10. Selanjutnya, aplikasi WhatsApp akan secara otomatis menerima input suara dan mengubahnya menjadi teks.

11. Teks akan secara otomatis muncul di menu teks seperti pada umumnya.

12. Terakhir, kamu tinggal mengirim pesan tersebut.

Cara mengirim pesan tanpa mengetik menggunakan Google Assistant.

WhatsApp tanpa mengetik freepik.com

foto: freepik.com

Selain melalui audio langsung dari aplikasi WhatsApp, ada cara lain. Google telah bekerja sama dan mengintegrasikan layanan Google Assistant dengan WhatsApp. Dengan begitu, kamu nggak perlu repot lagi membuka WhatsApp dan mengetik kata-kata. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengucapkan perintah supaya Google Assistant segera melakukan tugasnya. Nah, berikut cara mudahnya.

1. Buka tampilan Google di Android.

2. Aktifkan Google Assistant dengan cara ucapkan 'Hey Google' atau 'Ok Google'.

3. Kemudian, kamu tinggal memberikan perintah selanjutnya, seperti 'Send Message on WhatsApp' atau 'Send a WhatsApp Message'.

4. Jangan lupa ucapkan nama kontak yang ingin kamu kirimi pesan.

5. Selanjutnya kamu hanya perlu mengonfirmasi perintah tersebut.

6. Selain berkirim pesan WhatsApp, kamu juga dapat melakukan hal lain. Berkirim pesan suara atau panggilan video misalnya.

7. Untuk melakukan dua metode itu, kamu cukup mengganti perintahnya dengan 'Send voice message' atau 'Hey Google, WhatsApp video. Lalu ucapkan nama kontak yang akan dituju.

Cara log in WhatsApp dengan nomor yang sudah nggak aktif.

WhatsApp tanpa mengetik freepik.com

foto: freepik.com

Tak sedikit orang yang mendaftarkan nomor WhatsApp menggunakan nomor reguler mereka. Namun munculnya WhatsApp membuat masyakat tidak lagi atau jarang membeli pulsa reguler. Hal ini bisa berakibat nomor telepon menjadi mati. Jika nomor tersebut mati, maka bisa berdampak dengan WhatsApp. Bisa-bisa kamu perlu mendaftar ulang WhatsApp lagi dengan nomor baru. Alhasil banyak teman dan rekan yang kehilangan kontak WhatsAppmu.

Nah, buat kamu yang merasa bingung ingin log in tapi nomor sudah aktif, kini WhatsApp tetap bisa dibuka. Adapun beberapa caranya di antaranya adalah segera lapor ke petugas pihak kartu atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah TextNow. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, download aplikasi ini melalui PlayStore HP kamu. Kemudian install, agar segera bisa digunakan.

2. Setelah itu, kamu akan menggunakan nomor ponsel fiktif.

3. Verifikasi WhatsApp menggunakan nomor tersebut.

4. Verifikasi menggunakan SMS biasanya akan muncul pernyataan gagal.

5. Untuk opsi lain, kamu bisa menggunakan fitur panggilan untuk melakukan verifikasi.

6. Kamu akan mendapat kode verifikasi, masukkan kode tersebut.

7. Tunggu beberapa saat, maka kamu sudah bisa log in akun WhatsAppmu.