Brilio.net - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling favorit di kalangan masyarakat di dunia, termasuk di Tanah Air. Aplikasi ini rilis perdana pada 2009 silam. Sejak perilisannya, hingga saat ini WhatsApp terus saja mencuri perhatian publik. Di tengah persaingan ketat antar aplikasi lainnya, WhatsApp tetap unggul jadi yang pertama. Hal itu terbukti pada November tahun ini, WhatsApp mendominasi perolehan angka download.

Kini WhatsApp tak hanya dapat digunakan untuk berkirim pesan, tapi juga bisa untuk berkirim foto, video, telepon gratis, audio, video call, promosi bisnis, update status, dan lain sebagainya. Seiring kebutuhan individu, WhatsApp menjelma jadi aplikasi yang membatu urusan profesionalitas kerja. Secara penggunaannya, WhatsApp tergolong jadi aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa saja.

Kendati banyak keunggulan, ternyata masih ada fitur-fitur canggih yang belum dimanfaatkan oleh pengguna. Padahal fitur tersebut dapat berfungsi untuk menunjang kenyamananmu untuk berchatting ria. Pasalnya beberapa fitur tersebut memang tergolong tersembunyi dan tidak banyak yang tahu. Tunggu apa lagi, langsung aktifkan fitur tersembunyi WhatsApp ini supaya obrolanmu dengan rekan jadi lebih seru.

Nah, berikut beberapa fitur-fitur tersembunyi dari WhatsApp yang nggak banyak orang tahu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/12).


1. Memberi pin pada akun dan grup WhatsApp.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



Bagi kamu yang punya mobilitas tinggi, pasti punya banyak grup WhatsApp. Kendati demikian, dari sekian banyak grup tersebut mungkin ada beberapa yang kurang aktif. Sehingga akan tertutup atau tertimbun oleh grup yang selalu aktif setiap saat. Namun bagaimana jadinya jika kamu ingin mencari grup yang sudah berada di bawah tersebut. Pasti menyita waktu karena bisa sangat lama.

Nah, cara ini bisa sangat berguna bagi kamu yang ingin mudah mencari grup. Kamu bisa memberikan tanda 'pin' pada grup. Sehingga grup itu akan berubah menjadi urutan pertama atau teratas. Cara pengaplikasiannya mudah, berikut caranya.

- Pilih grup yang ingin di 'pin'.

- Tekan dan tahan lama.

- Kemudian pilih tanda atau menu 'ikon pin'.


2. Membaca pesan tanpa diketahui oleh pengirim pesan.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



Status online mungkin bagi sebagian orang membuat tidak nyaman. Karena ada beberapa orang yang tidak ingin diketahui kalau ia sedang online. Hal ini juga menyangkut privasi dan kenyamananmu saat mengobrol. Tak ingin mengecewakan pengguna, WhatsApp punya cara mutakhir untuk menutupi semua itu. Kamu bisa membaca pesan tanpa diketahui keaktifanmu di akun WhatsApp.

- Buka aplikasi WhatsApp di Android.

- Pilih menu setting atau pengaturan, tanda titik tiga di bagian atas sudut menu utama.

- Lalu pilih menu 'Privacy'.

- Kemudian tekan atau buat tanda pemberitahuan jadi mati, 'Non aktifkan Non Receipts'.


3. Menemukan akun yang paling sering diajak ngobrol.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



Apakah kamu tahu siapa atau akun mana yang paling sering kamu ajak ngobrol selama ini? Nah, buat kamu yang penasaran siapa Sekarang kamu akan tahu siapa mereka. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memeriksanya langsung melalui WhatsApp di Android.

- Buka akun WhatsApp-mu.

- Pilih menu pengaturan atau setting di pojok bagian atas.

- Lalu pilih 'Data and Storage Usage'

- Kemudian klik menu 'Storage Usage'.

- Setelah itu klik 'Select Contact'.


4. Fitur hemat data seluler.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang banyak memakan data atau ruang penyimpanan di ponsel. Ada beberapa penyebabnya, salah satunya ialah karena kiriman foto dan video dari kontak WhatsApp masuk secara otomatis di ponsel. Buat kamu yang punya kesibukan padat, pasti tak sempat menghapusi satu persatu. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mengatur kebutuhan data selulernya.

Caranya mudah, yaitu dengan matikan pilihan 'download otomatis' di pengaturan WhatsApp. Dengan teknik ini kamu bisa memilih aturan penggunaan data seluler untuk mengunduh media.


5. Mengatur siapa saja yang bisa mengundang ke grup.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



Mungkin ada beberapa orang yang sungkan saat ingin keluar dari grup setelah dimasukkan. Di pembaharuan WhatsApp kali ini, pengguna diberikan fitur kendali yang lebih pada urusan grup. Fitur baru ini sangat berguna. Alasan kemunculannya karena banyak pengguna yang tidak enak atau sungkan ketika ingin keluar dari grup.

Melalui fitur ini kamu akan diberikan tiga opsi, siapa saja yang bisa memasukkanmu ke dalam grup chatting. Semua orang, hanya orang yang ada di kontak ponsel, dan semua pengguna yang ada di nomor kontak kecuali yang diblokir. Berikut cara mudah untuk mengaktifkannya.

- Unduh pembaharuan WhatsApp di Android.

- Buka WhatsApp.

- Buka menu pengaturan, di bagian pojok kanan atas halaman utama.

- Pilih menu 'Account'.

- Lalu pilih atau klik 'Privacy'.

- Kemudian kamu bisa mengaturnya pada menu 'Grup'.


6. Fitur membagikan status ke Facebook.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: freepik.com



Seperti yang sudah diketahui, saat ini WhatsApp sudah jadi bagian dari Facebook. Maka tak heran apabila kemudian muncul fitur untuk menghubungkan dua media sosial ini. Nah, buat kamu yang ingin membagikan status WhatsApp atau WA ke Facebook, nggak perlu repot-repot lagi mengetik ulang lagi. Kamu cukup melakukan sekali ketuk untuk mendapatkan hasilnya. Berikut caranya.

- Buka status WA di Handphone mu.

- Klik atau pilih 'Status Saya', lalu pilih 'Bagikan ke Facebook Story'.

- Kemudian pilih 'Izinkan atau Buka'.

- Secara otomatis aplikasi Facebook akan terbuka. Pilih audiens atau siapa saja yang bisa melihat status terbarumu.

- Setelah itu, pilih atau klik 'Bagikan Sekarang'.


7. Membaca dan membalas pesan tanpa menyentuh ponsel.

7 Fitur tersembunyi WhatsApp freepik.com

foto: pixabay.com



Sebagian orang mungkin tak ingin atau malas membaca pesan ketika keadaan tidak memungkinkan, terutama buat kamu yang bekerja dan dihadapkan setiap saat dengan komputer. Akan memakan waktu sedikit lama jika kamu ingin membuka ponsel. Nah, cara mudah supaya kamu nggak perlu membalas pesan melalui Handphone, cukup buka WhatsApp melalui laptop atau komputer.