Brilio.net - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak diminati dan sukai masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Aplikasi yang kini bernaung di perusahaan Facebook (FB) ini terus berusaha memberikan kesan baik dan menarik di mata pengguna. Salah satu caranya adalah dengan menambah fitur-fitur baru yang bisa mempermudah urusan chatting.

Kemudahan komunikasi yang ditawarkan oleh WhatsApp tak hanya bisa dimanfaatkan secara individual, akan tetapi bisa sekaligus dengan banyak orang melalui grup WhatsApp. Masuk ke grup WhatsApp bisa menambah teman baru. Tapi semakin banyak grup di WhatsApp, pemberitahuan atau notifikasi juga akan bertambah. Pemberitahuan penuh, membuat handphone berbunyi terus setiap detik, membuatmu jadi merasa terganggu. Buat kamu yang nggak terlalu aktif di salah satu grup, kamu mungkin kepikiran untuk keluar. Sayangnya pengguna sering merasa canggung atau tidak enak kalau kelaur dari grup.

Nah, solusi lain supaya notifikasi nggak lagi mengganggumu, kamu bisa membisukan pemberitahuan untuk percakapan grup WhatsApp mu. Dengan mematikan notifikasi, kamu tidak akan mendapatkan peringatan kalau ada pesan baru masuk di grup. Kendati demikian, kamu masih bisa membaca pesan grup yang masuk saat membuka aplikasi WhatsApp. Membungkam obrolan grup ini WhatsApp atau WA ini dapat dilakukan di Android maupun iOS.

Berikut cara mematikan notifikasi grup WhatsApp di Android maupun iOS seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (27/12).

1. Membungkam obrolan WhatsApp grup di iOS.

Loading...

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp (WA) di Android freepik.com

foto: freepik.com

Pada iPhone, ada dua cara untuk membisukan obrolan grup tertentu. Pertama, kamu dapat melakukannya dari halaman Info Grup. Caranya pilih atau ketuk percakapan grup yang kamu ingin bungkam. lalu klik pada bagian atas yang menampilkan nama obrolan grup serta semua nomor kontak peserta grup. Pada halaman informasi tersebut, klik matikan atau bisukan notifikasi.

Kamu dapat memilih membisukan obrolan grup selama "8 jam," "1 minggu," atau "1 tahun". Sayangnya tidak ada pilihan untuk membisukan notifikasi grup selamanya. Jika kamu memang tidak senang dan ingin berada di grup tersebut, pilihan terbaik adalah memutuskan untuk keluar grup.

Kedua, dengan menggesekkan kiri pada percakapan. Lihat masing-masing di bawah ini untuk lebih jelasnya. Metode ini lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Geser obrolan grup WhatsApp secara perlahan ke kiri, sampai opsi atau pengaturan grup muncul. Jangan geser terlalu cepat, alih-alih ingin membungkam justru obrolan terarsipkan. Setelah opsi muncul, pilih "Lainnya" lalu klik "Bungkam". Sama seperti cara yang pertama, kamu bisa memilih pengaturan mematikan notifikasi grup WhatsApp selama "8 jam," "1 minggu," atau "1 tahun".

Nah, buat kamu yang ingin mengaktifkan kembali notifikasi grup, caranya mudah. Geser lagi percakapan ke arah kiri secara perlahan, ketuk pada "Lainnya," dan pilih "Aktifkan."

2. Mematikan notifikasi grup WhatsApp di Android.

Jika kamu menggunakan WhatsApp di Android, membisukan obrolan grup tertentu sedikit berbeda dari iOS. Ada dua metode juga yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu dapat melakukannya melalui menu tiga titik di dalam obrolan grup, dan kedua, dengan menekan lama pada utas obrolan grup di halaman "Obrolan".

- Via menu tiga titik.

a. Buka grup yang menurutmu paling mengganggu. Ketuk tombol Pilihan, yang dilambangkan dengan tiga titik di bagian pojok kanan atas. Tunggu sampai menu pop-up muncul. Pilih atau klik 'Info grup' untuk melanjutkan.

b. Pada layar settingan grup, pilih opsi 'Bungkam pemberitahuan' atau 'Mute notifications'.

c. Akan muncul pilihan berapa lama kamu akan mematikan notifikasi grup WhatsApp. Pilih sesuai keinginanmu yang paling cocok. Ada pun pilihannya adalah selama 8 jam, 1 minggu, atau hingga 1 tahun ke depan.

d. Jangan lupa centang pilihan 'show notifications' untuk tetap tahu ada pesan masuk tanpa mengganggu.

e. Untuk mengaktifkan suara notifikasi lagi, ketuk pada menu tiga titik, lalu pilih 'Unmute notifikasi'.

- Via menekan lama grup.

a. Tentukan grup WhatsApp yang ingin kamu bungkam.

b. Tekan sedikit lama grup WhatsApp tersebut. Hingga tombol utas di halaman utama muncul.

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp (WA) di Android instagram

foto: Brilio.net

c. Pilih tanda speaker di bagian atas halaman utama.

d. Kamu akan diminta untuk memilih berapa lama notifikasi grup WhatsApp dimatikan. Pilih sesuai keinginan, selama 8 minggu, 1 minggu, atau 1 tahun.

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp (WA) di Android instagram

foto: Brilio.net

e. Jangan lupa centang menu 'Tampilkan notifikasi'. Jika dicentang, kamu masih akan menerima pemberitahuan di bilah status serta peringatan LED, tetapi kamu tidak akan mendapatkan suara berisik dari WhatsApp.

f. Untuk mengaktifkan suara percakapan grup lagi. Ulang cara yang sama, lalu ketuk tombol unmute (ikon pengeras suara atau speaker) yang ada di bagian atas halaman utama.

Cara menonaktifkan pemberitahuan grup WhatsApp di Android secara permanen.

Kalau sebelumnya disebutkan membungkam suara grup di iOS tidak bisa secara permanen, berbeda dengan Android. Kamu dapat menonaktifkan semua notifikasi dari grup secara permanen dan melihat kontennya kapan pun kamu mau. Berikut cara mudahnya.

- Buka grup WhatsApp yang diinginkan. Ketuk menu pada bagian atas grup.

- Pilih opsi 'Pemberitahuan kustom'.

- Aktifkan dengan cara centang opsi 'Gunakan notifikasi khusus'.

Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp (WA) di Android instagram

foto: Brilio.net

- Atur sesuai yang kamu inginkan sesuai kebutuhan, ada menu suara, getar, notifikasi tidak ada pop-up, dan layar lampu.