Brilio.net - Sebuah berita mengejutkan di 2019 ini. Pasalnya aplikasi chatting yang menjadi andalan banyak orang, WhatsApp (WA) sudah tidak bisa digunakan lagi di beberapa ponsel tertentu baik Android maupun Iphone pada Februari 2020 mendatang.

Kabar ini tertuang di laman Frequently Asked Questions (FAQ) tentang sistem operasi smartphone/ponsel yang bakal dihentikan dukungannya alias tidak bisa lagi menjalankan fungsi aplikasi WhatsApp di masa mendatang.

Kabar ini menjadi yang cukup mengejutkan tentunya. Bagaimana tidak, WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang begitu diandalkan bagi sebagian besar orang untuk berkomunikasi. Tak bisa dibayangkan jika kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi bukan? Terlebih bagi kamu yang mengandalkan WhatsApp untuk kebutuhan bekerja pula.

Melalui laman resminya, WhatsApp menyarankan pengguna untuk segera gunakan sistem operasi yang lebih baru. Untuk Android, gunakan minimal versi 4.0.3 atau Ice Cream Sandwich. Sedangkan untuk iPhone, gunakan iOS 9 ke atas untuk tetap bisa menggunakan fitur-fitur aplikasi tersebut secara maksimal.

"Kami tidak akan secara aktif mengembangkan diri untuk sistem operasi tersebut, sebagian fitur mungkin berhenti berfungsi sewaktu-waktu. Jika Anda menggunakan sistem operasi lama, kami merekomendasikan untuk meng-upgrade-nya ke versi yang lebih baru," kata WhatsApp dalam lamannya.

Loading...

Ada beberapa jenis smartphone yang bakal tidak bisa menggunakan lagi WhatsApp, yakni smartphone yang menggunakan OS Windows 10 Mobile, Android versi 2.3.7, dan iOS 7.

Lalu bagaimana cara mengetahui ponsel pintarmu masih bisa menggunakan WhatsApp di 2020 mendatang atau tidak? Berikut caranya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (23/12).

1. Android.

Cara mudah cek smartphone yang tidak bisa gunakan WhatsApp Instagram

foto: mashtips.com

Jika kamu menggunakan smartphone berjenis Android, maka kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi jika kamu menggunakan ponsel Android yang memiliki sistem operasi Gingerbread atau versi 2.3.7. Sistem operasi yang lebih lama dari itu juga sudah tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi.

Nah untuk kamu agar tetap bisa mengakses WhatsApp maka kamu harus memiliki sistem operasi minimal Gingerbread atau versi 2.3.7. Yakni sistem operasi yang diluncurkan oleh Android tahun 2010.

Cara mengecek OS atau sistem ponsel, kamu perlu melakukan beberapa cara. Berikut caranya:

1. Pilih menu Setting > about phone

2. Klik Software info

Semua informasi terkait ponsel yang kamu gunakan akan ditampilkan, termasuk di antaranya adalah versi Android. Ada beberapa smartphone, seluruh informasi terkait ponsel akan ditampilkan setelah membuka menu 'about phone'. Namun pada beberapa smartphone lainnya, perlu membuka menu 'software info' untuk mengetahui versi Android yang digunakan.

2. iPhone.

Cara mudah cek smartphone yang tidak bisa gunakan WhatsApp Instagram

foto: gearbest.com

Bagi kamu pengguna smartphone iPhone, kamu tidak bisa mengakses WhatsApp jika masih menggunakan sistem iOS 8 ke bawah. Itu artinya, sistem operasi yang dibutuhkan minimal adalah iOS 9.

Berikut cara mengeceknya.

1. Pilih Setting > General

2. Klik menu About. Semua informasi terkait ponsel yang kamu gunakan akan ditampilkan, termasuk versi iOS.

Itulah cara untuk mengetahui apalah smartphone yang kamu gunakan masih mendukung untuk mengakses WhatsApp atau tidak. Jika tidak, maka kamu disarankan untuk membeli ponsel baru dan menggunakan aplikasi chatting lainnya.

Berikut ini ada beberapa aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa kamu gunakan, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (23/12).

1. Telegram.

Telegram bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Layanan berbagi pesan (chatting) asal Rusia, ini didirikan Pavel Durov sebagai tandingan WhatsApp.

Telegram memiliki keunggulan yang selalu ditawarkan layanan berbagi pesan ini layanan yang lebih aman karena obrolan otomatis terenkripsi. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Telegram memiliki 200 juta pengguna, 7% di antaranya di Rusia, menurut angka terbaru yang diumumkan pada 2018.

2. Line.

Line juga tak kalah asiknya dijadikan aplikasi chatting sehari-hari. Resmi diluncurkan pada 2011, Line memiliki banyak pengguna. Line merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain

3. WeChat.

WeChat juga merupakan aplikasi sosial networking terbesar di China dan terbilang cukup menarik jika digunakan. Pasalnya kamu bisa menjalin komunikasi dan dapat berbagi momen-momen penting dengan mudah.

Hampir 800 juta pemilik ponsel di China menggunakan aplikasi ini dan dapat terhubung ke banyak game hingga sistem pembayaran. Jadi nggak ada salahnya nih kalau kamu mau menggunakan aplikasi chatting satu ini.

4. Kakao Talk.

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chatting satu ini. Mobile messenger asal Korea Selatan. Meski tidak begitu terkenal di Indonesia, namun nggak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Dilansir dari berbagai sumber, Kakao Talk pun berkolaborasi dengan beberapa mitra lokal untuk memperkaya konten. Hal ini termasuk membuat emoticon khusus dengan warna lokal bersama dengan desainer, pengembang aplikasi, hingga bekerja sama dengan operator serta kemitraan untuk membuat konten mobile promotion.