Brilio.net - Di era modern ini, semua serba internet. Tidak hanya berkomunikasi via internet, berbelanja, mendengarkan musik, menonton video bahkan memesan ojek dan makanan pun melalui internet. Internet bukan lagi satu hal yang asing bagi manusia zaman sekarang.

Seperti baru-baru ini, kita sedang diramaikan dengan banyaknya platform e-money atau uang digital seperti OVO, Dana, Link dan sebagainya. Tidak perlu membawa dompet ataupun uang cash yang bisa memberatkan saat dibawa, kita hanya perlu membawa HP untuk menggunakan e-money tersebut.

Hal ini juga berlaku bagi bank-bank yang mulai memberikan fasilitas internet banking. Fitur ini bisa dinikmati di smartphone kamu atau yang biasa kita kenal dengan m-banking, mobile banking. Fitur ini dimaksudkan untuk memudahkan nasabah bank dalam transaksi dan aktivasi finansial mereka dimanapun dan kapanpun tanpa perlu ke kantor bank.

Salah satu bank yang menghadirkan fitur internet banking adalah BRI. BRI memudahkan nasabahnya untuk aktivasi dan transaksi finansial dengan menggunakan internet banking melalui Android. Manfaatnya pun banyak sekali, contohnya seperti pembayaran online, transfer dana, cek saldo dan mutasi, dan lainnya yang sebelumnya mungkin hanya bisa dilakukan di ATM ataupun bank offline.

Agar kamu tidak dianggap kudet dan terus mengikuti perkembangan zaman, tak ada salahnya untuk mendaftar dan mulai menggunakan internet banking. Penggunaan layanan internet banking ini menjadi pilihan banyak orang. Karena dengan fitur ini, kamu bisa menikmati kemudahan bertransaksi dengan aman, dan cepat terkait dengan keuangan.

Loading...

Berikut ini adalah beberapa cara daftar internet banking BRI mudah dan cepat serta aktivasinya, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/12).

1. Melalui kantor cabang BRI.

daftar internet banking BRI © 2019 istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu memiliki waktu luang kamu bisa melakukan pendaftaran langsung di kantor cabang BRI terdekat. Pastikan kamu membawa data dan dokumen penting untuk melengkapi syarat pendaftaran seperti berikut:

- Buku tabungan BRI yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif.

- Kartu Identitas Diri (KTP)

- Email yang valid untuk menerima email notifikasi Internet Banking BRI.

- Ponsel sebagai alat untuk proses verifikasi. Perlu diketahui, gunakan SIM Card operator yang telah bekerja sama dengan BRI, yakni Telkomsel, XL, Indosat, dan lainnya.

Jika semua persyaratan di atas telah kamu penuhi, kamu bisa melakukan pendaftaran BRI Internet Banking di Customer Service yang ada. Dalam proses pendaftaran ini, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.

Saat mengisi formulir pastikan kamu mengisi setiap kolom dengan teliti dan benar, sehingga proses ini bisa berjalan lancar dan memberikan hasil yang cepat. Jika proses pendaftaran selesai, maka kamu akan mendapatkan m-Token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut di android.

2. Pendaftaran lewat ATM.

daftar internet banking BRI © 2019 istimewa

foto: Instagram/@bankbri_id

Jika tidak ada kantor cabang BRI terdekat, maka kamu bisa melakukan pendaftaran internet banking melalui mesin ATM BRI. Berikut adalah langkah-langkah daftar internet banking BRI di mesin ATM:

- Masukkan ATM BRI

- Ketik PIN ATM milikmu

- Pilih menu lainnya, lalu pilih menu "Internet Banking"

- Kamu akan diminta memasukkan password untuk akun internet banking

- Untuk konfirmasi, kamu bisa mengulang untuk mengetikkan password yang sama

- Kamu akan mendapatkan User ID internet banking

- Setelah selesai, kamu akan mendapat struk berisi User ID dan password akun internet banking BRI.

Meski telah registrasi di ATM, kamu tetap perlu ke bank untuk verifikasi maupun aktivasi serta mendapatkan m-Token sebagai pengaman tambahan.

Setelah mendaftar kamu perlu melakukan aktivasi akun internet bankingmu, langkahnya:

1. Buka situs https://ib.bri.co.id

2. Masukkan user ID dan password, serta kode captcha untuk validasi.

3. Setelah itu masuk ke halaman syarat dan ketentuan, klik "setuju".

4. Selanjutnya, kamu akan diminta ubah password akun internet banking BR dan masukkan email aktif.

5. Selesai, kamu pun bisa menggunakan akun Internet Banking BRI.

Tips menggunakan layanan BRI Internet Banking.

Meski praktis, kamu pun harus ekstra hati-hati dalam menggunakan layanan internet banking. Beragam risiko bisa saja terjadi, terutama berbagai tindakan kejahatan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan:

1. Selalu jaga kerahasiaan password dan User ID BRI Internet Banking milikmu dengan baik.

2. Pastikan kamu hanya mengakses layanan BRI Internet Banking pada situs resmi BRI saja yaitu https://ib.bri.co.id

3. Ganti password secara berkala dan catat password tersebut jika kamu susah untuk mengingat dan mudah lupa.

4. Jangan pernah menyimpan password-mu secara otomatis pada laptop atau gadget kamu.

5. Hindari login melalui jaringan atau koneksi internet umum seperti public wifi.

6. Jika mendapati hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi Call Center BRI di 14017 atau 1500017.

Reporter: Hameda Rachma