Brilio.net - Tak terasa sudah menjelang akhir tahun. Untuk menghabiskan waktu luang, banyak orang mulai merencanakan untuk liburan. Baik bersama keluarga atau teman-teman. Ada pula yang menjadikan momen akhir tahun sebagai momen untuk mengunjungi kerabat, khususnya kerabat yang jauh dari tempat tinggal. Atau mungkin ada yang menjadikan akhir tahun untuk pulang ke kampung halaman dan tanah kelahiran yang telah lama ditinggalkan karena merantau, demi menuntut ilmu atau bekerja mencari nafkah.

Maka dari itu, segala persiapan perjalanan harus dipikirkan sejak awal. Mulai dari perlengkapan yang akan dibawa, waktu berangkat sekaligus pulang, dan budgeting atau anggaran dana. Selain itu ada juga pertimbangan tentang transportasi. Seperti kendaraan apa yang akan digunakan, kendaraan pribadi atau umum. Lalu apakah melalui jalur darat, laut, atau udara.

Nah, jika kamu ingin menghindari kemacetan di jalan dan tujuanmu lumayan jauh, maka kereta api bisa menjadi pilihan transportasi yang cocok untukmu. Transportasi umum yang satu ini memang sering jadi andalan setiap orang yang ingin bepergian dari kota ke kota lain. Selain fasilitas kereta api yang nyaman, biaya yang dikeluarkanpun cenderung ramah di kantong. Berbagai pilihan kelasnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu, di era yang serba digital ini, kita bisa lebih mudah membeli tiket kereta api tanpa perlu mengantre panjang di stasiun. Dahulu kita bisa memesannya lewat website resmi KAI, namun saat ini ada aplikasi KAI Access yang akan lebih memudahkanmu memesan tiket kereta. Aplikasi ini diluncurkan perdana pada September 2014 lalu. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap. Kita bisa melakukan reservasi, pembatalan, hingga mengubah jadwal pemberangkatan.

Jika kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini, sebagai tambahan informasi, berikut cara pesan tiket kereta via KAI Access, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (21/12).

Loading...

1. Download dan install aplikasi KAI Access.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Langkah pertama, tentu saja kamu perlu mendownload dan menginstall aplikasi KAI Access yang tersedia di Play Store dan App Store. Ketikkan KAI Access di kolom Search kemudian install dan buka aplikasi tersebut.

2. Daftar dan masukkan data diri.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Selanjutnya kamu bisa daftar terlebih dahulu dengan memasukkan data diri lengkap sesuai dengan e-KTP. Kolom yang harus kamu isi adalah nama lengkap, nomor ID, nomor telp, alamat email, tanggal tahir, jenis kelamin, dan kata sandi.

3. Pilih jenis kereta dan isi kolom yang disediakan.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Jika sudah terdaftar, kamu tinggal memilih jenis kerata apa yang mau kamu gunakan, KA Antar Kota atau KA Lokal. Kemudian isi kolom yang berisi asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, dan kelas kereta. Untuk satu kali pemesanan, jumlah penumpang dewasa dan bayi maksimal 4 penumpang.

4. Konfirmasi pemesanan dan bayar.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: linkaja.id

Setelah memesan, kamu akan dialihkan pada halaman yang menampilkan detail pemesanan tiketmu. Cermati baik-baik agar tidak ada yang salah atau terlewat. Jika semua pemesanan sudah lengkap dan sesuai, kamu tinggal klik pada kotak kecil untuk memberikan tanda centang. Itu sebagai tanda bahwa kamu sudah mengkonfirmasi pemesananmu.

Lalu isi data penumpang sesuai dengan e-KTP. Cantumkan semua pada kolom yang sudah disediakan. Isi semua data penumpang yang tadi sudah kamu pesan. Jangan lupa cek sekali lagi agar tidak ada kesalahan. Namun jika kamu hanya memesan tiket untuk dirimu sendiri. Atau dengan kata lain, pemesan sama dengan penumpang, maka kamu hanya perlu memberikan tanda centang di kolom bertuliskan 'sama dengan pemesan'.

Jika sudah, maka kamu akan dialihkan ke pembayaran. Penumpang kereta api lokal hanya bisa membayar lewat Link Aja. Aplikasi ini juga bisa kamu unduh di Play Store dan App Store. Sedangkan untuk pemesan tiket kereta api jarak jauh, ada tiga metode pembayaran, yakni gerai rittel, ATM (Automatic Teller Machine), atau Mobile Banking.

5. Boarding Pass.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Boarding pass adalah pengganti tiket yang dapat dicetak melalui check in counter yang ada si stasiun. Bagi kamu yang melakukan reservasi tiket menggunakan KAI Access, maka kamu bisa mengunduhnya dua jam sebelum keberangkatan kereta api.

Dokumen ini sangat penting, karena jika tidak memiliki boarding pass, maka penumpang akan diturunkan di pemberhentian pertama kereta. Namun jika boarding pass nya hilang ketika sudah di atas kereta, maka penumpang berhak mendapatkan ganti dan melanjutkan perjalanan.

6. Pilih dan nikmati promo yang disediakan.

Cara pesan tiket kereta via KAI Access © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Salah satu keuntungan memesan tiket melalui aplikasi KAI Access adalah mendapatkan pilihan berbagai promo. Biasanya akan ada promo-promo menarik yang akan berbeda-beda sesuai dengan ketentuan waktunya. Namun tenang saja, promo-promo ini akan tetap ada kok walau sering berganti-ganti. Promo yang diberikan bisa berupa cashback, dari 20% hingga 25%. Ada pula free entri setiap event-event dari KAI.

Reporter: Deta Jauda Najmah