Brilio.net - Hubungan antara menantu dan mertua seharusnya dibangun di atas dasar pengertian, keterbukaan, dan rasa hormat. Sebagai bagian dari keluarga yang sama, kedua belah pihak memiliki peran penting dalam dinamika keluarga.

Walau begitu, terkadang stereotip tentang hubungan menantu dan mertua kerap muncul dalam budaya populer sebagai hubungan yang rumit dan sulit. Faktor penyebabnya bisa sangat bervariasi, seperti latar belakang budaya, kebiasaan yang bertolak belakang, cara komunikasi, dan masih banyak lagi.

Bicara soal hubungan antara mertua dan menantu, sebuah video masuk fyp dan ramai ditonton di TikTok. Brilio.net menyadur dari TikTok @roroandri pada Selasa (2/1), seorang emak-emak membuat konten beda menantu zaman dulu dan sekarang.

menantu dulu dan sekarang © berbagai sumber

foto: TikTok/@roroandri

Perbedaan itu dilihat dari sisi kebiasaan menantu ketika berada di rumah atau tinggal bareng dengan mertua. Menurut wanita bernama Roro Andri ini, menantu zaman dulu selalu berusaha bangun pagi sebelum ibu dan bapak mertuanya bangun.

"ini beda menantu di jaman dulu dan sekarang." ujar Roro.

"Kalo dulu menantu di rumah mertua, bangun itu gimana caranya sebelum mertua itu bangun." ungkapnya.

menantu dulu dan sekarang © berbagai sumber

foto: TikTok/@roroandri

Roro mengatakan menantu zaman dulu selalu mengusahakan bangun lebih pagi untuk melakukan pekerjaan rumah, seperti masak, menyuci, menggosok, dan sebagainya.

"Jadi jam 3 atau jam 4 subuh itu udah bangun. Nyuci, masak, gosok, ngepel. Jadi mertua bangun itu sudah beres semua." kata Roro.

Sementara itu, menurut Roro menantu zaman sekarang sering bangun siang. Selain itu, buat menantu yang sudah punya anak, ibunya akan membuat si anak tersebut rewel. Bagi Roro menantu zaman sekarang lebih santai dan nggak ada rasa canggung atau tidak enak hati dengan mertua.

"itu masuk kamar nanti bangun keluar dari kamar itu siang. Suaminya juga begitu. itu nggak ada kepikiran bangun lebih subuh dari mertua itu nggak ada. Nggak ada canggungnya, nggak ada pekewuhnya," ungkap Roro.

menantu dulu dan sekarang © berbagai sumber

foto: TikTok/@roroandri

Roro juga menilai menantu laki-laki di zaman sekarang jarang sekali berkomunikasi dengan mertuanya, terutama bapak mertua. Dia juga menyinggung menantu zaman sekarang main HP dan bangun siang.

"kalo anak menantu laki-laki ke rumah mertua juga begitu. Bangun siang, ngopi, main HP." katanya.