Brilio.net - Gang Kelinci merupakan lagu yang dirilis tahun 1990 dan dipopulerkan oleh Lilis Suryani. Lagu tersebut menceritakan tentang kehidupan di Jakarta yang semakin hari penduduknya semakin padat, persis seperti rumah kelinci.

Lajunya peningkatan penduduk di Jakarta sejalan dengan padatnya pemukiman di daerah ibu kota tersebut. Di sana kamu tak hanya bisa menemukan gedung-gedung pencakar langit, tapi juga rumah yang berhimpitan di dalam sebuah gang.

Pemukiman gang sempit di Jakarta menjadi tempat tinggal bagi ribuan warga yang berjuang untuk bertahan hidup. Keberagaman sosial dan kehidupan penuh tantangan menjadi ciri khas dari pemukiman ini. Di lingkungan yang terbatas ini, warga Jakarta dari berbagai latar belakang sosial, etnis, dan agama bersatu dan saling berbagi ruang demi menciptakan harmoni dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu persis seperti yang ditunjukkan dalam sebuah postingan video yang diunggah oleh akun @rayazievlog pada tahun 2022 lalu. Dalam video tersebut, sang pemilik akun memperlihatkan kehidupan warga Jakarta di sebuah pemukiman yang berada di dalam gang.

gang sempit di jakarta © TikTok

foto: TikTok/@rayazievlog

Tidak diketahui pasti di mana lokasi persis pemukiman ini berada, namun bila dilihat dari hastag-nya, tampaknya wilayah tersebut berada di Jakarta Pusat. Dalam video berdurasi 59 detik itu, tampak warga tengah melakukan aktivitas sehari-hari mereka di ruang yang sempit.