Ada orang yang sedang duduk di depan warung, tidur di atas kursi panjang, tengah menjemur baju, sampai ada yang duduk bersantai di depan rumah.

gang sempit di jakarta © TikTok

foto: TikTok/@rayazievlog

Bangunan rumah di sana rata-rata memiliki lantai dua dengan lebar kira-kira 3 sampai 4 meter saja. Tidak ada pagar ataupun teras, melainkan langsung menghadap pintu utama. Di depan rumah terdapat kali kecil yang dibatasi menggunakan pagar.

Kurangnya fasilitas umum menjadi tantangan utama bagi warga yang tinggal di sini. Kehidupan sehari-hari seperti mencuci, memasak, atau beristirahat seringkali harus diakomodasi dalam ruang yang minimal.

gang sempit di jakarta © TikTok

foto: TikTok/@rayazievlog

Meskipun hidup di pemukiman gang sempit Jakarta penuh dengan tantangan, warga menunjukkan semangat perjuangan dan kebersamaan yang luar biasa.

Dan, bukan cuma di Jakarta saja. Pemukiman dalam gang sempit juga pasti ditemukan di kota-kota besar lain di Indonesia. Sebut saja di Surabaya, Semarang, Bandung, Bogor, Bekasi, dan masih banyak lagi.

gang sempit di jakarta © TikTok

foto: TikTok/@rayazievlog

Video yang memperlihatkan kehidupan lain di Jakarta ini menuai berbagai respons dari warganet. Lewat kolom komentar, mereka menyampaikan pendapatnya seusai melihat video tersebut.

"paling tenang kalo liat gang sempit jakarta, ngeliatnya adem," ujar MasZzz Asik.

"setelah melihat ini gw lebih bersyukur tinggal di desa yg tanahnya masih lebar gak sempit sempitan," kata Zuu.

"biasanya di gang sempit seperti ini ada ninja 250R milik warga," imbuh nNn.

"Jakarta keras broo, tanah semeter aja muahal," timpal nonaaida.

@rayazievlog Inilah Jakarta Yang Sesungguhnya guys#gangsempit #jakarta #fyp #fyp #jakartakeras #jakartapusat #jakartacity suara asli - DjizPanyalaichannel