Brilio.net - Siapa yang tidak suka mendengarkan lagu? Semua orang pasti suka, terutama untuk mengusir kebosanan. Banyak cara yang dilakukan untuk mendengarkan lagu, baik dengan sound yang besar, atau cukup mendengarkan lewat earphone.

Tapi saat mendengarkan lagu dengan earphone, kamu perlu hati-hati dan tidak boleh terlalu sering menggunakannya. Pasalnya banyak dampak buruk bagi kesehatan ketika sering mendengarkan musik dengan earphone. 

Seperti yang dialami oleh bocah berusia 10 tahun asal China yang saluran telinganya dipenuhi jamur hitam karena diduga terlalu lama menggunakan earphone.

Dilansir brilio.net dari Oddity Central, laporan tersebut datang dari rumah sakit ibu dan anak Shunyi di Beijing, China. Awalnya bocah malang itu datang dengan ibunya ke rumah sakit sambil mengeluhkan rasa sakit di telingnya.

Dia mengaku telinganya seperti tersumbat. Setelah diperiksa oleh dokter, bocah tersebut didiagnosis menderita mikosis atau jamur di saluran telinga.

Loading...

Menurut informasi, banyak hal yang dapat menyebabkan mikosis namun pada kasus bocah tersebut, dokter mengatakan infeksi disebabkan adanya kombinasi dari berbagai faktor.

Bocah laki-laki itu memiliki kebiasaan mengorek telinganya dan dilakukan secara rutin. Tanpa sadar, ia telah merusak jaringan sensitif pada telinga. Selain itu, dia diketahui kerap menggunakan earphone dalam jangka waktu lama. Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat mencegah saluran telinga berfungsi sebagai ventilasi alami dan membuatnya menjadi lebih lembap.

Wu Yuhua dari Department of Otolaryngology Head and Neck Surgery di rumah sakit ibu dan anak Shunyi, mengatakan peningkatan kelembapan dan suhu adalah efek samping dari pemakaian earphone terlalu lama. Kondisi tersebut sangat baik bagi perkembangan jamur. 

Selain itu, kebiasaan mengorek telinga juga sangat berpengaruh dalam pengembangan jamur yang dapat merusak mukosa lokal.

Saat ini, bocah malang yang tak disebutkan namanya tersebut sedang menjalani perawatan dan akan segera pulih dalam hitungan minggu. Dokter pun memperingatkan jika infeksi jamur tidak segera diobati akan berujung pada gangguan pendengaran.