Brilio.net - Secara fungsi, earphone nggak jauh berbeda dengan headphone. Namun yang membedakan yaitu earphone memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan simpel sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Bahkan benda ini dapat dimasukkan ke dalam saku baju maupun celana. Eh, tapi jangan salah, kecil-kecil tapi perangkat ini bisa dibilang sebagai 'penyelamat hidup', kok bisa?

Ya, earphone adalah 'penyelamat hidup' terutama saat kamu terjebak macet dari dalam angkutan umum, saat menjemukan selama menunggu pesawat yang delay, atau untuk menghindari rasa canggung ketika bertemu dengan seseorang yang membuatmu tak tertarik untuk ngobrol. Perangkat ini juga bisa digunakan untuk menyaring semua hiruk-pikuk di sekitarmu ketika harus fokus terhadap sesuatu dan yang paling mengasyikkan bisa digunakan sambil tiduran.

Tapi, meski terlalu sering kamu menggunakan earphone, pernah nggak memperhatikan titik-titik kecil yang ada di sebelah kiri earphone? Nah, jika diperhatikan lebih teliti, terutama pada earphone merek ternama, kamu akan menjumpai 3 titik kecil vertikal yang bisa diraba. Sebagaimana dilansir brilio.net dari Scoopwhoop, Kamis (4/2), tiga titik tersebut adalah huruf L di alphabet braille. Hal ini dimaksudkan bagi tuna netra agar lebih mudah untuk membedakan mana bagian kiri dan kanan earphone.

Titik pada earphone

Fakta tak terduga ini ungkap arti penting 3 titik kecil di earphone!

Loading...

foto: orientacionandujar.es

Selain adanya titik, banyak earphone yang memiliki tata letak non-simetris, yang ditujukan agar sesuai dengan bentuk telinga atau kepala dan bisa 'melekat' sempurna. Namun ada juga earphone yang secara fisik simetris. Meskipun demikian, tetap terdapat perbedaan antara L dan R. Tak hanya itu, perbedaan lain yang signifikan terdapat pada suara yang dikeluarkan antara kiri dan kanan apabila musik atau film yang diputar menggunakan teknologi stereo. Nah, sekarang kamu sudah paham belum?