Brilio.net - Beberapa waktu lalu masyarakat dihebohkan dengan nama-nama unik cenderung nyeleneh. Sebut saja Tuhan yang menjadi nama seorang pria asal Banyuwangi. Tapi, tahukah kamu, nama-nama unik sebenarnya sudah digunakan Orang Rimba kepada anak-anak mereka. Bedanya, nama-nama mereka diambil dari kearifan lokal.

Sebut saja Betulus, diambil dari kata tulus. Betulus adalah seorang penyiar Radio Benor FM. Uniknya, hampir semua nama anak Orang Rimba dimulai dengan kata 'be' yang diambil dari awalan 'ber'. Ada Beburu, Beteduh, Betulus, dan lain sebagainya.  

"Nama-nama di kampung kami memang diambil dari kebiasaan masyarakat," ujar Betulus kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

Uniknya nama anak Orang Rimba, dari ribuan orang tak ada yang serupa

Saat ini, Orang Rimba yang punya kebiasan berpindah-pindah (nomaden) banyak bermukin di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi di sepanjang jalan lintas Sumatera mulai dari perbatasan Jambi—Sumatera Selatan hingga batas Jambi—Sumatera Barat. Mereka ada juga yang tinggal di selatan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Kini, jumlah Orang Rimba mencapai 3.800 jiwa. Paling banyak bermukin di Taman Nasional Bukit Duabelas yang mencapai 1.700 jiwa.

Loading...

Menariknya, dari sekian banyak nama unik Orang Rimba, tak satu pun yang serupa. Boleh jadi di masyarakat lain, misalnya nama Agus, mungkin bisa dimiliki ribuan orang. Kalau Orang Rimba, setiap anak punya nama sendiri-sendiri. Artinya, sedikitnya Orang Rimba punya 3.800 kosa kata dari bahasa lokal dan bahasa Indonesia yang dijadikan nama anak-anak mereka. Luar biasa kan?