Brilio.net - Tinggal di rumah kontrakan mungkin jadi salah satu pilihan bagi keluarga yang belum memiliki rumah sendiri. Meski kamu sudah membayar sejumlah uang kontrak, tapi nggak boleh semena-mena ketika mengontrak di rumah yang notabene bukan milik sendiri.

Sebagai penyewa rumah, tetap ada hak dan kewajiban yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan rumah selama ditempati.

Jangan sampai pengalaman buruk mengontrakkan rumah ke orang lain terjadi seperti wanita yang satu ini. Dilansir dari TikTok @els260, Jumat (20/10), pemilik rumah ini kaget saat melihat kondisi rumahnya yang ditinggalkan penyewa dalam keadaan tak karuan.

"pengen nangiss rasanya pas liat kondisinya ," tulisnya di keterangan video.

rumah kontrakan jorok © TikTok

foto: TikTok/@els260

Dalam video tersebut, pemilik akun memperlihatkan kondisi rumahnya sebelum dan sesudah dikontrakkan. Sebelum disewa selama 2 bulan, rumah tersebut tampak bersih, rapi, dan tertata sebagaimana mestinya. Namun setelah 2 bulan dikontrakkan ke orang lain, rumah itu malah berakhir mengenaskan.

Baru masuk teras saja, sang pemilik rumah sudah mendapati sampah berserakan di mana-mana. Parahnya lagi, kunci ditinggalkan di pintu dalam kondisi yang tak terkunci. Hal itu lantas membuat Elsa, selaku pemilik rumah, marah dan kecewa.

rumah kontrakan jorok © TikTok

foto: TikTok/@els260

Bagian dalam rumah juga nggak berbeda jauh dari di luar. Rumah sangat kotor oleh debu, pasir, dan sampah yang berserakan. Di area dapur lebih parah, keran wastafel sampai patah, terdapat kotoran kucing dan bau pesing, juga puntung rokok.

Kamar mandi rumah ini juga ditinggalkan dalam keadaan kotor. Terdapat sampah yang dimasukkan ke plastik hitam dan dibiarkan menggantung. Elsa juga menemukan bangkai tikus yang sudah membusuk di dekat kolam ikan.

rumah kontrakan jorok © TikTok

foto: TikTok/@els260