Brilio.net - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah semakin dekat. Dalam rangka menyukseskan jalannya Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mulai melantik para petugas yang nantinya akan bekerja di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Adapun petugas di TPS disebut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Petugas KPPS inilah yang menyelenggarakan dan mengawasi secara langsung proses pemungutan suara yang diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia yang sudah punya hak pilihnya dalam Pemilu.

Para anggota KPPS inilah yang bertugas menyiapkan surat suara, menghitung, dan merekap kembali hasil pemungutan suara secara detail dan saksama. Pekerjaan yang menuntut zero mistake ini cenderung jadi beban sendiri bagi para anggota KPPS. Maka wajar pekerjaan ini disebut cukup berat karena akan memengaruhi hasil Pemilu yang menetapkan pemimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Sebelum bertugas, mereka pun dilantik oleh KPU secara serentak di seluruh Indonesia. Namun ada pemandangan yang cukup ngenes terjadi saat pelantikan anggota KPPS di Desa Penyasawan, Kampar, Riau yang dilaksanakan pada Kamis (25/1) lalu.

Potret perjuangan anggota KPPS di Riau TikTok

foto: TikTok/@vtktvthbt