Momen tersebut terlihat dalam sebuah video yang diunggah via akun TikTok @vtktvthbt. Suasana pelantikan petugas KPPS ini awalnya nampak biasa. Namun tak terduga, video ini memperlihatkan suasana pelantikan disertai dengan hujan deras. Tidak lama kemudian, air pun masuk ke dalam ruangan pelantikan hingga ketinggiannya mencapai mata kaki orang dewasa.

Potret perjuangan anggota KPPS di Riau TikTok

foto: TikTok/@vtktvthbt

Alhasil, acara pelantikan pun harus diwarnai dengan air yang membanjiri seluruh ruangan yang digunakan untuk tempat duduk para petugas KPPS. Momen ini pun mencuri perhatian banyak netizen.

Air yang masuk ruangan membuat para peserta yang dilantik tidak tenang. Lama kelamaan, air yang masuk dalam ruangan pun semakin banyak. Tampak jelas dalam video, air yang menggenang hampir selutut orang dewasa ini berwarna cokelat pekat.

"Pelantikan KPPS, dari hujan sampai banjir," tulis caption video yang dikutip brilio.net, Sabtu (27/1).

Potret perjuangan anggota KPPS di Riau TikTok

foto: TikTok/@vtktvthbt

Ternyata air yang sebelumnya hanya setinggi mata kaki malah semakin banyak hingga memenuhi ruangan tersebut. Terlihat pada akhir video, air banjir yang masuk ke ruangan sampai membuat kursi-kursi plastik tersebut mengambang.

Sementara itu, dalam video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @undercover.id, ada pula momen pelantikan para anggota KPPS di daerah lain yang hanya mendapatkan uang transportasi sebesar Rp 100 ribu.

"Pelantikan KPPS 25 Januari aman nggak nih? Snak + transport Rp 100 ribu, Bimtek 200 ribu," tulis keterangan dalam video.

Potret perjuangan anggota KPPS di Riau TikTok

foto: TikTok/@vtktvthbt

Hingga sekarang video momen pelantikan petugas KPPS di Desa Penyasawan, Kampar, Riau ini pun viral dan sudah disaksikan lebih dari 900 ribu kali.

Momen ini pun membuat banyak netizen memberikan berbagai komentar dan turut prihatin atas peristiwa tersebut.

"Tetap semangat mas dan mbak-mbaknya. Semoga pas Pemilu cuacanya udah nggak ekstrem lagi ya," tulis pemilik akun @da_ilychuu.

"Semoga kita semua sehat sampai pemilu selesai," timpal pemilik akun @myourm924.

"Kak aku pelantikan dijemur mana lagi panas-panasnya, nggak ada tempat duduk, nggak ada tenda, snack sama minum baru ada pas udah sampai rumah dianterin ketua kpps," tulis akun @fjrn.in ikutan berbagi cerita perjuangannya sebagai anggota KPPS.

"Fyp ku kpps mulu, pelantikan sambil kebanjiran ini yang paling jauh," tulis akun @Juenk

"Kayaknya anggota KPPS daerah kami kudu bersyukur banget ya. Tadi liat ada yang pelantikannya di lapangan panas-panasan, sekarang banjir-banjiran. Semoga semuanya baik-baik saja ya," tulis akun @PutriNurAziza

@vtktvthbt Pelantikan KPPS, dari hujan sampai banjir #pemilu2024 #kpps #pelantikankpps original sound - KPU_RI