Brilio.net - Di banyak tempat khususnya di kota-kota besar, biasanya di jalan raya selalu punya volume kendaraan yang selalu padat setiap harinya. Tak melihat hari kerja atau libur, pagi atau sore, pagi bahkan malam hari, jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya perkotaan seakan tak pernah ada habisnya.

Tak ayal kalau kemacetan akibat jumlah kendaraan yang overload kerap terjadi. Durasi macetnya pun bahkan bisa mencapai berjam-jam. Hal ini pun justru malah jadi faktor utama banyak orang terlambat ke tempat kerjanya atau kurir yang kemalaman untuk mengantarkan paket customernya.

Nah, salah satu cara yang ditempuh agar tak berlama-lama dalam kemacetan adalah mencari jalan pintas lewat jalan sempit yang juga populer disebut jalan tikus. Jalan ini biasa merupakan jalan alternatif yang menerobos permukiman padat penduduk.

Biasanya, jalan tikus tak punya luar jalan selebar jalur utama. Meski begitu, lantaran dilalui oleh banyak pengendara yang juga ingin mencari jalan pintas, jalan tikus ini ikutan ramai.

Potret gang senggol mepet selokan jadi jalanan dua arah TikTok

foto: TikTok/@budepuss

Salah satu penampakannya ada pada video viral berikut ini. Dibagikan oleh akun TikTok @budepuss, terekam momen sebuah jalan pintas dari Kota Bandung ke Rancamanyar yang beberapa waktu belakangan ini viral.