Brilio.net - Menghabiskan masa tua bersama dengan anak cucu bisa dibilang merupakan impian banyak orang. Persoalannya, tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Seorang kakek berusia 77 tahun berikut ini adalah salah satunya.

Alih-alih menikmati masa tuanya dengan bersantai bersama keluarga, pria bernama Abah Nandang ini justru masih harus berjuang untuk mengais rezeki. Tak tanggung-tanggung, ia pun menyambung kehidupannya dari hari ke hari dengan menawarkan jasa timbangan.

Dikutip brilio.net dari akun TikTok @srikhrsm, Senin (2/11), diketahui bahwa jasa yang ditawarkan oleh Abah Nandang ialah jasa timbangan berat badan. Sayangnya, kini jasa tersebut sudah sangat sepi peminat. Tak banyak lagi orang yang tertarik untuk menggunakan jasanya lantaran timbangan berat badan mudah ditemui dan diperjualbelikan dengan harga yang tidak begitu mahal.

Kendati begitu, hal tersebut tak membuat Abah Nandang menyerah. Dirinya bahkan rela berjalan sejauh belasan kilo setiap hari untuk mencari pelanggan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Namanya Abah Nandang, umur 77 tahun. Setiap hari jalan kaki dan beliau menawarkan jasa timbang badan. Di zaman sekarang tentunya sedikit sekali peminatnya. Namun beliau tetap semangat mengais rezeki yang halal. Belasan kilometer setiap harinya abah lewati tanpa kenal lelah," tulis pemilik akun @srikhrsm.

@srikhrsm Kamu & Kenangan - Original Soundtrack Habibie & Ainun 3 - Maudy Ayunda

Sementara itu, dari video yang ada diketahui pula bahwa ternyata selama ini Abah Nandang hanya tinggal seorang diri. Tak ada satu pun keluarga yang menemaninya. Di sisi lain, hunian tempatnya tinggal pun tampak tidak layak.

Dindingnya kotor dan lembab. Lebih jauh, tak sedikit pula bagian rumah yang mengalami kebocoran. Lalu, penerangan yang ada pun terbilang minim.

"Ini kondisi rumahnya, beliau tinggal sebatang kara guys. Kotor, lembab, banyak yang bocor dan gelap," lanjut pemilik akun @srikhrsm.

Tak pelak, kisah haru kakek penjual jasa timbangan ini pun berhasil membuat netizen terenyuh. Meski turut merasa sedih, banyak dari mereka yang juga merasa salut dengan perjuangan Abah Nandang.

"Nangis kalau lihat kayak gini. Semoga tetangganya pada perhatian sama abah, takut kalau sakit nggak ada yang ngurusin. Mending dibawa ke panti jompo aja," tulis Miaww.

"Suka sedih aja kalau lihat kakek-kakek yang masih semangat untuk menjcari nafkah. Menampar anak muda untuk lebih bersemangat lagi," sambung Nathalia Nabella.

(brl/lea)