Brilio.net - Per tanggal 2 November 2022, seluruh siaran televisi analog di Jabodetabek sudah dimatikan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang no. 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah wajib mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI dari analog ke digital.

Dengan beralih dari sistem analog ke digital, pemerintah berjanji akan menyajikan program siaran yang lebih baik bagi penonton. Selain itu, dari segi kualitas gambar juga lebih jernih dan canggih. Sayangnya, peralihan ini bagi beberapa masyarakat belum siap.

Seperti apa yang terjadi kepada seorang kakek ini. Video kakek terdiam di depan tv menjadi viral usai siaran tv analog dimatikan. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @caplinjosirwan, dan telah ditonton lebih dari 3 juta views.

kakek tak bisa nonton tv © berbagai sumber

foto: TikTok/@caplinjosirwan

Sang kakek yang terduduk sambil menata televisinya yang mati, tampak sedih sebab tidak bisa menonton siaran tv. Kakek tersebut belum bisa mengganti televisinya, karena tak sanggup membeli alat Set Top Box (STP).

"Astagfirullah sebetulnya ini bisnis siapa, kami jangankan beli alat digital buat makan aja susah, tv aja cma beli 300 RB, kebngetan banget kalian yg maha mempunyai segala galanya," tulis pemilik akun @caplinjosirwan, dikutip brilio.net pada Rabu (9/11).

kakek tak bisa nonton tv © berbagai sumber

foto: TikTok/@caplinjosirwan

Video tersebut seketika menuai perhatian simpat dari warganet. Banyak dari mereka yang ikut merasakan kesedihan sang kakek. Tidak sedikit juga yang memiliki cerita serupa.

"seharusnya sebelum tv digital di resmikan set top box sudah di bagikan gratis," kata Riyo Purnomo.

"betulll di desaku jg gtu,kasian org2 yg sdh tua hiburanny y cm tv ehhh di ganti jg jd tv digital,.. ada se bantuan tpi mgkin msih blm merata," komentar @udahlahhhh.94.

"di sebagian daerah udah ada posko set top box gratis cuman bawa ktp sama kk,cek mending daerah nyah udah ada posko apa belum," ungkap wannn.

"asli bgt kakek ku kalo udh magrib suka nnton tv tpi skrg gak lagi krna blm kebeli set top box," timpal @hfaiii.

@caplinjosirwan Astaghfirullah (Album Version) - Haddad Alwi

(brl/pep)

(brl/pep)