Brilio.net - Indonesia kaya bukan isapan jempol belaka. Keragaman budaya dan sumber daya alamnya melimpah ruah. Namun tak dipungkiri ada sisi yang menyadarkan banyak orang bahwa sumber daya itu kurang dikelola sebagaimana mestinya. Terlalu diabaikan atau malah terlampau dieksploitasi. Meski tak dipungkiri, pemerintah dan masyarakat secara swadaya juga mencoba melestarikan alam dan budaya Tanah Air.

Sebuah cerita mengharukan datang dari pemuda yang mengaku bernama Mahir. Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @RUSHER pada Jumat (10/9) menunjukkan Mahir menjelaskan dia sedang berada di daerah salju di Papua.

"Sekarang saya lagi di sini, nih. Tuh salju terakhir di Papua. Masih bisa lihat salju di negeri sendiri!" serunya sambil mengusap air mata dan terengah-engah. Dia juga menunjukkan posisi salju tersebut.

Lihat salju terakhir di Papua, pendaki gunung ini beri pesan menohok berbagai sumber

Dengan suara bergetar dia melanjutkan bahwa Indonesia begitu kaya.

"Ya Allah, betapa kayanya negeri ini. Tapi dipimpin oleh pemimpin-pemimpin yang serakah, rakus hingga lupa kekayaan alam," lanjutnya.

Masih dalam unggahan yang sama, Mahir menegaskan bahwa manusia akan sadar ketika pohon terakhir sudah ditebang, mata air telah hilang, ikan terakhir ditangkap, mereka tidak akan bisa hidup dengan uang.

"Tanpa uang mereka bisa hidup dengan alam. Tapi tanpa alam, mereka tidak bisa hidup dengan uang," pungkasnya dalam video yang telah disukai sebanyak lebih dari 400 ribu like itu saat berita ini ditulis. 

Nyaris dipastikan, posisi Mahir tersebut berada di Puncak Gunung Jayawijaya Papua. Sebagai informasi, gunung tertinggi di Indonesia itu terdapat salju. Seiring berkembangnya zaman dan efek pemanasan global, keberadaan salju di sini tak seperti dulu.

@rushermlbb

Terharu !! ##pendakigunung ##GayaMi11Lite ##papua ##viral ##fyp ##zxycba

suara asli - RUSHER

 

Video Mahir itu pun langsung meledak, menuai beragam komentar.

"kata katanya jlebb banget ke atiiii," tulis akun Diiiiiiiin.

"Pas dengar abgnya bilang "MASIH BISA LIAT SALJU NEGRI SENDIRI" Gua langsung terharu, lu hebat bgh bisa sampai kesana, gua iri bg mau kesana juga," timpal akun Iqsan n ca.

Diketahui juga dari komentar warganet Rianto Natuna, bahwa Mahir adalah penjelajah Nusantara, "kang mahir, penjelajah Nusantara, bersepeda mengelilingi 34 provinsi di Indonesia, dan mendaki puncak gunung tertinggi di Indonesia, salam relawan."