ular masuk kamar © TikTok

ular masuk kamar
TikTok/@iskaherawati03

Wanita ini tidak bisa memastikan bagaimana ular itu bisa masuk ke kamarnya. Bahkan beberapa orang yang melihat video itu juga ikut terheran-heran. Pasalnya kamar wanita itu cukup bersih dan tertata rapi.

"padahal kamarnya bersih," komentar akun @nm_awansenja.

"Cobra nggak sendiri. Cek semua rumah pasti ada keluarganya," tulis @jihan.khayra.saja

Dilansir dari situs Booval Vet Hospital, sebuah rumah sakit hewan peliharaan di Ipswich, Inggris mengatakan bahwa Ular bisa saja masuk ke rumah karena mencari tempat yang aman. Terutama jika rumah tersebut memiliki celah-celah kecil atau ruang yang tidak tersegel dengan baik.

Ular juga dapat diundang masuk oleh keberadaan hewan buruan seperti tikus. Keberadaan sumber air juga dapat menjadi daya tarik bagi ular. Rumah dan pekarangan memang sering dijadikannya tempat berlindung.

ular masuk kamar © TikTok

ular masuk kamar
TikTok/@iskaherawati03

Selain itu faktor cuaca juga memengaruhi kedatangan ular ke rumah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Journal of Applied Ecology" pada 2020, berjudul "The effect of climate change on the distribution and abundance of snakes in urban areas" menemukan bahwa ular lebih sering masuk ke rumah pada cuaca yang dingin.

Saat ini Indonesia juga sedang memasuki musim penghujan. Bisa jadi fenomena ular yang masuk ke dalam kamar wanita tersebut juga dipengaruhi oleh faktor cuaca. Sehingga perlu kehati-hatian dalam menutup segala celah yang berada di rumah.

ular masuk kamar © TikTok

ular masuk kamar
TikTok/@iskaherawati03

Di luar pembahasan ilmiah, menurut budaya jawa, masuknya ular ke rumah juga membawa beberapa pertanda. Dilansir dari kapanlagi.com bahwa hal tersebut menandakan akan ada orang asing yang masuk ke rumah, jadi ular datang sebagai pengingat untuk bersiap-siap. Selain itu, disebutkan juga akan ada kabar duka, orang jahat atau janji pemilik rumah yang belum ditepati.

Budaya tersebut juga sejalan dengan berbagai macam reaksi netizen saat melihat video tersebut. Banyak yang mempertanyakan jangan-jangan pemilik rumah punya sebuah nazar yang belum dibayar. Ada juga yang memperingati dengan datangnya kabar buruk.

ular masuk kamar © TikTok

ular masuk kamar
TikTok/@iskaherawati03

"Kalau orang Jawa kalau ular datang ke rumah gitu biasanya kakak pernah nazar," tulis akun @septyobudi

"Setauku kalau ada ular hitam gitu ada kiriman nggak bagus gitu dulu aku pernah soalnya," kata akun @mamibabykey

"Biasanya aku kalau ketemu ular itu pertanda buruk," ujar akun @daryotodoy07

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @iskaherawati03 sudah menghimpun 8.6 juta penonton. Selain itu terdapat juga 205.000 akun yang like dan 5519 komentar. Pengakuan dari wanita tersebut bahwa ularnya telah ditangkap oleh warga sekitar.

@iskaherawati03 Bisa bisa nya tidur sama uler awal mula nya kebangun karna mau ke kamar mandii pas balik lagi ke kamar di bawah bantal kaya ada suara mendesis gt kirain kodok atau apa pas d buka ternyata uler cobra lumayan aga lemes ya bund bangun tdr ada uler #fyp #ularcobra MISTERI ILAHI - N.