Brilio.net - Ketika mencapai usia senja, kebanyakan dari orangtua pasti ingin menikmati hidup dengan menghabiskan waktu bersama anak, cucu, dan cicit. Tapi rupanya keinginan itu adalah hal yang mahal bagi nenek yang terlantar di jalanan ini. Entah apa salah nenek renta yang tak diketahui identitasnya ini hingga ditelantarkan begitu saja di jalanan kota Tangerang, Banten.

Kehidupan nenek tersebut diabadikan oleh seorang netizen Facebook dengan nama akun Huma Amoz. Ia menceritakan bahwa sebelumnya pernah bertemu dengan nenek tersebut, namun saat dicari sudah pergi dari tempat semula.

Amoz kemudian bisa bertemu dengan nenek tersebut di trotoar Jalan KH. Hasyim Ashari Kota Tangerang Banten pada Selasa (5/9) sore. Kondisi nenek terlihat sangat haus dan kelaparan. Lebih menyedihkan lagi, nenek tersebut merupakan penderita Parkinson.

"Sore ini saya temukan lagi di trotoar Jl. KH. Hasyim Ashari Kota Tangerang Banten, sebelum RS Usada Insani. Hari ini bisa jelas karena masih sore. Beliau haus dan lapar berat. Yg bikin sedih pas dikasih makanan dia bilang "Makasih ngerepotin maaf" dengan terbata dan gak jelas. Si nenek bilang punya anak 1 dan rumahnya di sawangan bogor Gg. Masjid. Tolong viralkan, siapa tau keluarga sedang mencarinya," tulis Huma Amoz.

Seperti yang diungkapkan Amoz, besar harapannya agar sosok nenek yang ia temui menjadi viral. Pasalnya, bisa saja pihak keluarga sedang mencari nenek tersebut. Ya semoga saja demikian ya, sang nenek tidak benar-benar ditelantarkan oleh keluarganya. Mengingat seorang penderita Parkinson memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Loading...

Menurut laman halodokter, penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 10 juta orang di dunia yang menderita penyakit Parkinson. Semua orang bisa terkena penyakit ini, namun kebanyakan adalah kalangan orang tua dan lebih cenderung terjadi kepada laki-laki. Biasanya gejala penyakit Parkinson mulai terasa ketika penderitanya memasuki usia 50 tahun. Tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun.