Brilio.net - Lazimnya, anak-anak berusia 5 tahun akan menghabiskan waktunya untuk bermain. Namun, tidak demikian dengan seorang bocah bernama Joaquim Johanness. Baru-baru ini sosok bocah berusia 5 tahun ini mendadak viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

Saat anak-anak lain seusianya sedang sibuk bermain, bocah yang akrab disapa Jojo ini justru menghabiskan waktunya dengan membantu kakek-neneknya. Dalam foto-foto yang tersebar di media sosial, Jojo terlihat asyik mengerjakan pekerjaan rumah dan membantu kakek neneknya di ladang. Di usia yang masih belia, ia sudah mempelajari cara merawat kakek dan neneknya.

bocah bantu kakek nenek © 2018 brilio.net

 

bocah bantu kakek nenek © 2018 brilio.net

Mulai dari mencuci, menjemur pakaian dan sepatu ia lakukan secara sukarela. Tak hanya itu, Jojo juga ikut turun ke ladang. Tak cuma sekadar membantu memungut kelapa tua yang berjatuhan, tapi ia juga sudah bisa menggunakan cangkul. Saat di ladang, ia tak segan kepanasan dan terkena kotoran.

bocah bantu kakek nenek © 2018 brilio.net

bocah bantu kakek nenek © 2018 brilio.net

Selain merawat dan mebantu kakek neneknya, saat ini Jojo juga tengah belajar sebagai siswa pra-sekolah di Sekolah Kebangsaan St Augustine Betong di Sarawak, Malaysia.

bocah bantu kakek nenek © 2018 brilio.net

Sontak saja aksi Jojo ini mengundang kekaguman dari warganet. "Sementara anak-anak lain di kota menghabiskan waktu luang mereka untuk gadget dan video game. Ada anak-anak yang tinggal di daerah pedesaan seperti Jojo, yang memanfaatkan waktunya untuk kegiatan fisik yang sehat yang membantu mempromosikan kemerdekaan," tulis Cikgu Emmet, sebagaimana dilansir brilio.net dari viral4real, Minggu (15/4).