Brilio.net - Kehilangan organ tubuh karena amputasi memang membuat sedih. Pasalnya organ tubuh yang telah dipotong tidak bisa tumbuh kembali.

Dilansir dari thesun.co.uk, Minggu (17/12) seorang pria dari Belanda kehilangan ibu jarinya. Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengalami kecelakaan saat mengendarai motor sehingga ibu jarinya harus diamputasi. Karena tetap ingin punya ibu jari, ia pun meminta dokter memasang jari lain sebagai pengganti ibu jarinya.

Ibu jari yang putus sebenarnya kecil kemungkinan untuk tumbuh kembali. Dilansir dari alodokter.com, Minggu (17/15), jika terdapat ruas jari yang putus bersamaan dengan tulang di bawahnya (berarti kehilangan jaringannya cukup masif dan lengkap dari lapisan atas hingga bawah), maka tidak ada peluang untuk tulang tumbuh dengan sendirinya.

Namun, beberapa teknik operasi perbaikan dapat dilakukan untuk membuat bentuk jari lebih baik.

jari jempol kaki  © thesun.co.uk

Loading...

Pria yang kehilangan ibu jari tersebut akhirnya berdiskusi dengan dokter untuk mendapat alternatif jari lain. Tak disangka tim dokter memutuskan mengganti ibu jari pria ini dengan jempol kaki. Selanjutnya jempol kaki yang didapatkan dari donor tersebut dipasang dan dijahit di tangan.

Operasi tersebut dipimpin oleh dokter Robert De Wijn. Robert menyatakan operasi tersebut cukup rumit. Operasi tersebut tidak sekadar memastikan jempol kaki akan bisa melekat pada telapak tangan, namun juga memastikan saraf-saraf terhubung sehingga jempol kaki dapat berfungsi seperti ibu jari normal.

Kini operasi tersebut selesai dan masuk tahap pemulihan. Jempol kaki sudah terpasang menggantikan ibu jari. Tinggal menunggu perkembangan selanjutnya apakah jempol kaki tersebut mampu menggantikan fungsi ibu jari.