Polisi tersebut berhasil menerima promosi kenaikan pangkat perwira setelah menyelesaikan sekolahnya di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Sukabumi, Jawa Barat. Tertulis di video bahwa nama polisi tersebut adalah Adi Pradhana atau yang akrab disapa Syarif.

polisi istri meninggal berbagai sumber

foto: TikTok/@ekoprasetyodsd

Syarif tak kuasa menahan air matanya bukan hanya karena tindakan sahabat-sahabatnya itu. Melainkan, prosesi yang harus dilakukan oleh istri tidak bisa ia rasakan. Prosesi pemasangan tanda kenaikan pangkat ini memang tak punya aturan khusus secara eksplisit. Namun, dalam praktiknya, hal ini telah menjadi tradisi di kepolisian itu sendiri.

Namun, pemasangan oleh sahabatnya itu bukan karena Syarif tidak punya istri. Melainkan Syarif tengah berduka hebat, sebab istrinya meninggal akibat kecelakaan sebelum ia mendapatkan promosi. Teman-temannya pun datang sebagai sosok pengganti dan memberi dukungan.

polisi istri meninggal berbagai sumber

foto: TikTok/@ekoprasetyodsd

"Ketika seorang sahabat kami dari Papua tidak ada yang memakaikan pangkat perwiranya dikarenakan istrinya meninggal karena kecelakaan beberapa minggu yang lalu," tulis caption dalam unggahan tersebut, seperti dikutip brilio.net pada Kamis (14/12). 

"Teman sahabatnya yang memakaikan pangkat. Menghiburnya selamat kawanku. Sabar kawanku. Teman sejati tidak akan meninggalkan sahabatnya dalam kondisi apapun," lanjut pemilik akun. 

polisi istri meninggal berbagai sumber

foto: TikTok/@ekoprasetyodsd

Momen haru ini pun sontak menjadi perhatian netizen. Banyak netizen yang merasa iba dan tahu betapa sedihnya apa yang dirasakan oleh bapak tersebut. Mereka juga turut memberi support dan semangat atas apa yang telah syarif capai.

polisi istri meninggal berbagai sumber

foto: TikTok/@ekoprasetyodsd

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @ekoprasetyodsd sudah menghimpun 5.7 juta penonton. Selain itu juga terdapat 277.000 akun yang memberi like dan 4617 komentar.

"Semalam menyaksikan betapa sedihnya pas tahu kenapa menangis ternyata beliau kehilangan istrinya," ujar akun @saepudin 277.

"Semangat terus bapak, istrimu bangga dan bahagia melihatmu di surga sana. Semoga amanah dan menjadi berkah pangkat barunya," komentar akun @milkamileaaa.

"Pasti teringat saat capai tingkat perwira istri yang selalu setia dari susah. Teman yang selalu ada menguatkan dan menghibur. Selamat ya pak," komentar akun @grobb1717.

"Dikuatkan jiwa ragamu pak, kiranya keluarga ditinggalkan diberikan kekuatan. Ikutan mewek," kata akun @jenni_afourj.

 

@ekoprasetyodsd Mengharukan, pemasangan pangkat perwira PAG gel 2 2023 Prawira Adi Pradhana setukpa sukabumi #setukpapolrisukabumi #pemasanganpangkatperwira #pag2023gel2 #resimenprawiraadhipradana #prawiraadipradana #pag2023 #dharmahartono #mengharukan suara asli - EKO PRASETYO DSD