Brilio.net - Jagat maya kembali dihebohkan dengan aksi salah satu penumpang pesawat maskapai Citilink QG 156 rute Halim Perdanakusuma Jakarta - Denpasar. Penumpang bernama Iwan Limau ini merokok di kursi pesawat saat akan lepas landas. Kejadian berlangsung pada Minggu (25/2). Pesawat tujuan Pulau Dewata, Bali ini dijadwalkan terbang pada pukul 21.35 WIB.

"Saat keluar dari boarding gate menuju pesawat, yang bersangkutan terlihat merokok bahkan diteruskan saat menaiki tangga pesawat. Hal itu dilihat banyak orang dan penumpang lainnya, sehingga begitu ada laporan yang masuk ke petugas keamanan bandara bahkan diakibatkan juga petugas POM bandara untuk segera diambil tindakan," kata Corporate Communication Citilink, Benny Butar Butar. seperti dikutip brilio.net dari merdeka.com, Senin (26/2).

Benny menjelaskan bahwa merokok dalam pesawat memiliki risiko besar dan membahayakan, terlebih penumpang mengonsumsi rokok saat petugas tengah mengisi bahan bakar pesawat atau avtur. Sementara menurut Benny, posisi Iwan di dalam pesawat berada sangat dekat dengan mesin.

"Saat penumpang memasuki pesawat dan duduk di bangkunya. Tidak lama datang petugas keamanan bandara bersama pihak Citilink meminta penumpang yang bersangkutan untuk turun," jelas Benny.

Video penurunan paksa Iwan oleh pihak avsec ini telah viral di jagat maya. Akun Instagram bernama @dagelanaviasi ikut mengunggah video penurunan paksa penumpang Citilink karena merokok di pesawat.

Loading...

Video ini telah disaksikan lebih dari 21 ribu warganet. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan Iwan sempat bersikeras tak salah. Iwan dan petugas sempat adu mulut di dalam pesawat. Kejadian tersebut menjadi sorotan para penumpang lain termasuk pria mancanegara yang merekam momen tersebut.

Saat adu mulut dengan petugas, Iwan tampak ngeyel sembari merekam kejadian tersebut lewat handphone pintarnya. Aksi tersebut jelas saja banyak dikecam oleh warganet.

"Lucu sekali penumpang itu. Udah tau salah. Mau ngerekam pula. Dengan niat di sebar di sosial media dgn judul "petugas bandara aniaya penumpang/petugas bandara bertindak arogan" terus dia menjadi populer dan viral gitu haha. Dasar orang2 baru pertama kali naik pesawat begitulah sifatnya," tulis @mrcellinooo.

"Emng petugas gatenya g negur pas lg ngeroko digate emng security airlinesnya g ad cek keadaan apron,,,,klau negurnya pas lg dduk trus ngeyel bgtu susah lah bisa2 kenyamanan penumpang terganggu,yg lbh parahnya ntr terjadi delay spa yg rugi,penumpang yg lain jg??,,,sngt disayangkan," ungkap akun @may_devahadi.

Sementara banyak pula yang ikut mempertanyakan bagaimana rokok bisa lolos beberapa tahap pemeriksaan sebelum masuk pesawat.

"Dan kok bisa lolos yaa sampe naik pesawat baru ditegur avsec, ngapa gak pas proses boarding aja sih, kan katanya ngerokok pas boarding mau ke pesawat, pada gak liat apa gimana," tanya akun @riduanmcqueen95.

Duh, jangan ditiru ya. Bikin malu aja nih!