Brilio.net - Pembayaran menggunakan kartu yang elektronik di pintu tol sekarang memasuki tingkat nasional. Hampir seluruh jalan tol di Indonesia sekarang menggunakan kartu ini sebagai cara pembayaran. Oktober 2017 ini, pemerintah mewajibkan pembayaran di seluruh gerbang tol harus menggunakan kartu uang elektronik.

gerbang tol kartu © 2017 brilio.net

foto: Facebook/@suaraFSPMI

Tidak semua setuju dengan kebijakan ini. Seorang warganet di akun Facebook @suaraFSPMI menggungah aksinya memboikot kartu uang elektronik di gerbang tol. "Akibat kebijakan yang salah, rupiah yang jelas sebagai alat pembayaran yang sah di tolak saat pembayaran di pintu tol," tulisnya di postingan tersebut.

Petugas yang melayani hanya bisa memberikan penjelasan tentang kebijakan pemerintah tersebut. Aksi warganet ini juga memicu antrean di belakangnya. Walhasil banyak pengguna jalan di belakangnya yang membunyikan klakson. Akhirnya, petugas menggunakan kartu elektronik tersendiri untuk melayani boikot warganet ini. Warganet tersebut tetap memaksa untuk membayar tunai.

Aksi ini menuai perdebatan di antara warganet.

"Bagus sih, tapi pesannya gak sampai, malah mempersulit kendaraan lain dan petugas tol. Ada baiknya saran anda untuk petugas tol menyediakan kartu untuk non elektronik, bukan memaksa konsumen beli kartu tersebut. Jujur saya juga gak pernah top up kartu elektronik dan kadang suka gak bawa juga," ujar akun Facebook @Requerdo Felices.

"Mas dia juga cuma bekerja...jadi kasihan lihatnya," kata akun Facebook @Hariyadi.

"Hrs nya fleksibel, yg sdh punya kartu ya pakai kartu. Yg blm punya kartu ya tunai saja, tp petugas hrs mensosialisasikan penggunaan kartu tol agar lbh efesien. Jgn main tolak aja," ujar akun Facebook @Abdhi Adie.

"Sopirnya goblok puollll, sengaja dipersiapkan direkam dan diviralkan untuk nunjukkan keinginannya yg tolol... Rupiah pembayaran yg sah...betullll.. khan rupiahnya dah dipakai buat bayar kartu.. coba saja naik pesawat terbang nggak perlu bayar tiket dulu lalu bayar cash Rupiah saat mau terbang yg dibayarkan melalui petugas yg jaga gate.. atau petugas check in.... Kalau mau bikin aturan sendiri kelaut sajalah mas....." ujar pemilik akun @Stefendy Handoko.

"Salut buat abang yang jaga pintu toll, tetap sabar dan kasih senyum ke driver. Padahal mungkin tensi emosinya udh di ubun2. My #respect untuk si abang pintu toll. Buat driver, menurut saya (maaf) kebodohan anda terlalu vulgar pada case ini," kata akun @Petrus Erydanus.