Brilio.net - Sejumlah kota besar di Indonesia terkenal dengan kemacetannya yang begitu parah. Baik motor, mobil atau angkutan umum, semua saling sikut di jalanan. Untuk mengurangi kecametan tersebut pemerintah membuat jalan tol bagi pengendara kendaraan roda empat atau lebih.

Sejarah jalan tol di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1973. Kala itu tol Jagorawi lah yang menjadi pendahulunya. Selanjutnya pemerintah Indonesia makin getol membangun jalan tol, hingga kini telah mencapai lebih dari 35 jalan tol. Tapi tahukah kamu jalan tol terpanjang di Indonesia? Penasaran? Yuk cek kompilasi 5 jalan tol terpanjang di Indonesia seperti yang sudah brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (26/6).

1. Jalan tol Cipularang (54 km)

Ini dia 5 jalan tol terpanjang di Indonesia

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Jalan tol ini termasuk yang paling padat karena menghubungkan dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta-Bandung. Dengan adanya jalan tol Cipularang ini perjalalan Jakarta Bandung yang biasanya ditempuh 2,5 jam bisa dipangkas hanya menjadi 1,5 jam (jika tidak macet). Meski begitu kamu harus berhati-hati jika melewati tol ini karena banyak terjadi kecelakaan.

2. Jalan tol lingkar luar Jakarta (64 km)

Ini dia 5 jalan tol terpanjang di Indonesia

Jalan tol yang juga dikenal dengan singkatan JORR ini merupakan jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta. Jalan tol ini biasanya menjadi penghubung warga Tangerang atau Jakarta yang menuju Bekasi dan kota-kota liannya di pantura.

3. Jalan tol Jakarta-Cikampek (83 km)

Ini dia 5 jalan tol terpanjang di Indonesia

Jalan tol Jakarta-Cikampek mulai dioperasikan pada tahun 1988. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Melewati jalan tol Jakarta-Cikampek kamu akan disuguhi pemandangan persawahan yang sejuk khas Sunda.

4. Jalan tol Jakarta-Merak (98 km)

Ini dia 5 jalan tol terpanjang di Indonesia

Jalan tol ini biasanya digunakan oleh warga Jakarta yang ingin menyeberang ke Sumatera melalui pelabuhan Merak. Jalan tol Jakarta-Merak terbagi atas dua ruas yakni Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak. Namun kamu harus berhati-hati juga jika melewati jalan tol ini karena banyak truk bermuatan besar yang melintas di sana, mereka biasanya mengirim bahan pokok dari Jawa ke Sumatera atau juga sebaliknya.

5. Jalan tol Cipali (116,75 km)

Ini dia 5 jalan tol terpanjang di Indonesia

Ini dia jalan tol terpanjang di Indonesia yang baru saja diresmikan pada Juni 2015. Jalan tol Cipali (Cikopo-Palimanan) memiliki panjang 116 kilometer yang melewati daerah Cikopo, Subang, Purwakarta dan Palimanan. Melalui jalan ini diprediksi bisa memangkas waktu tempuh sekitar 1,5 jam jika dibandingkan lewat jalur pantura.

BACA JUGA:

Kisah kesederhanaan wali kota di tengah penduduknya yang pemberontak

Kisah keharmonisan antar umat beragama di zaman Rasulullah

Kisah Nabi Zakaria tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

(brl/pep)