David mengarahkan kamera ponselnya ke jalan masuk rumah orang tuanya. Di samping kanan kirinya terdapat pekarangan atau kebun milik orang tuanya yang belum digarap.

"Pertama, pintu masuknya segini. Nah itu semua masih tanahnya rumah (orang tua David) ini, nih." jelas David.

Dia kemudian menunjukkan kebun lain nggak kalah luas dengan sebelumnya di depan rumah. David kemudian lari ke belakang rumah milik orang tuanya, dia menunjukkan tanah di belakang rumah yang masih milik orang tua David.

foto: TikTok/@davidalfasunarna

Selain itu orang tua David punya kandang ayam di belakang rumah. Kandang itu sebesar rumah, tapi karena bangunannya sudah tua, jadi ditinggal dan dimanfaatkan sebagai kandang ayam.

"Oh iya, ini kandang ayamnya. Segede rumah juga, sih. Tapi ini udah tua banget dan udah ditinggal," tuturnya.

Di samping rumah juga terdapat pekarangan yang masih milik keluarga David juga. Dengan menunjukkan rumah milik orang tuanya, David ingin menyampaikan bahwa kehidupan orang di kampung seperti itu, rumahnya sederhana akan tetapi punya banyak tanah di mana-mana.

foto: TikTok/@davidalfasunarna

"gue nggak bilang atau klaim kalau kaya atau gimana. Tapi kalau orang Jawa itu seperti itu." ujar David.

Selain itu, diketahui orang tua David belum lama tinggal di daerah tersebut. Kemudian orang tuanya tinggal di bekas rumah warisan nenek moyangnya yang sudah tiada.

"Dan gue akuin memang rumahnya dibandingkan dengan yang lain masih sangat tradisional. Karena dulu mama bapak pindah dari Jambi ke sini. Dan ini baru ditinggali sektiar beberapa tahun. Dan ini bener-bener rumah peninggalan warisan nenek moyang dulu." pungkasnya.

foto: TikTok/@davidalfasunarna

Unggahan David Alfa ini ramai dikomentar warga TikTok lain hingga mencapai 4ribu orang. Rata-rata setuju dengan statement David tentang kehidupan orang desa yang sebetulnya kaya tapi terlihat sederhana.

"gw masih penasaran. knp orang2 jaman dulu tu bisa nabung buat beli tanah sebanyak2nya padahal penghasilan ga seberapa. jaman skrg penghasilan gede," ujar @Evi.na2.

"Orang di desa ga butuh rumah yang mewah kaya gedong. Yang penting tanah luas, bisa berkebun dan nyaman," komentar @gasukamaentiktok.

"Wong deso lek tuku mobil kosek mikir2 sek.. tapi lek enek seng adol sawah/ladang samping Lahan ne dewe.. langsung jalok piroo tak bayar e," timpal @pande_199.

"Percoyo tah kro wong kampung, omahe emang biasa otog sederhana, tapi tanah akeh ng ndi", isi lemarine ora mung pakaian tog, sertifikat mbarang numpuk," ujar @Bayu Susanto0412.

@davidalfasunarna Replying to @azam original sound - David Alfa Sunarna