Brilio.net - Nomor HP adalah bagian dari informasi pribadi yang seharusnya dijaga kerahasiaannya. Sebab, nomor HP seringkali digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi dengan teman, keluarga, dan kolega. Belum lagi nomor HP sering terkait dengan berbagai akun online, layanan perbankan, dan informasi sensitif lainnya.

Maka dari itu, penting untuk menjaga keamanan nomor HP agar kamu tak merasakan kejadian yang dialami wanita ini. Lewat akun TikTok @liong_68, wanita bernama Wen itu menceritakan tentang betapa rugi dirinya ketika luput menjaga nomor HP. Sambil berlinang air mata, ia menyampaikan kepada warganet untuk terus memastikan nomor HP tetap aktif.

Wen mengaku bahwa ia memang jarang menggunakan nomor HP tersebut. Jadi untuk mengisi pulsa pun tidak terlalu rutin. Pada satu momen, ia lupa mengisi pulsa dalam waktu yang panjang sehingga nomor tersebut dianggap tidak aktif dan tidak berlaku oleh pihak provider.

nomor di jual ulang provider © TikTok

foto: TikTok/@liong_68

Dengan demikian, nomor yang digunakan itu justru dijual ulang oleh pihak provider. Namun hal ini tidak diketahui oleh Wen. Kejadian ini tentu membawa kerugian buat Wen karena rekening bank dan beberapa akun online miliknya terpaut dengan nomor HP tersebut. Hal ini bisa membuka kemungkinan terjadinya pencurian akun hingga kerugian material.

Benar saja, nomor HP-nya dibeli oleh orang yang jago membobol sesuatu. Ia mengaku tiba-tiba mendapat pemberitahuan tentang aktivitas kartu kredit berupa penarikan uang sejumlah 1.200 US Dollar. Jika dirupiahkan maka setara dengan Rp 18.864.000.