Brilio.net - Mencari tim yang bisa dipercaya buat mengurus bisnis bukan hal mudah. Untuk mendapatkan tim yang terpercaya, para memilik tidak boleh hanya melihat skill dan keterampilan orang yang hendak dimasukkan ke dalam tim. Lebih dari itu, pemilik harus menguji integritas dan dedikasinya.

Tak mudah buat mengujinya sebab hal tersebut tak bisa diukur atau dinilai dalam waktu singkat. Artinya, menyusun tim yang dapat diandalkan untuk mengelola operasional bisnis memerlukan waktu dan usaha ekstra. Meski demikian, itu penting karena keputusan yang salah dapat berdampak besar terhadap kelangsungan bisnis.

Hal tersebut diketahui betul oleh seorang warung gerai baso aci terkenal di Bogor. Lewat unggahannya di akun TikTok @waroenguncal, dilansir brilio.net pada Rabu (29/11), pemilik warung bercerita tentang pengalamannya ditipu mantan karyawannya yang merupakan orang kepercayaannya.

Cerita ngenes penjual baso aci Berbagai sumber

foto: TikTok/@waroenguncal

Penipuan yang dilakukan oleh mantan karyawannya itu tak serta-merta terbongkar. Butuh waktu lama untuk mengetahui bahwa mantan karyawan tersebut ternyata tak amanah. Sebab, mantan karyawan tersebut adalah orang kepercayaan pemilik warung.

Selain itu, pemilik warung tak sadar ditipu sebab saat itu, Maret 2023, ia mengira warungnya sedang mengalami penurunan profit belaka. Setelah dicek, ternyata pengeluaran warung sangat besar. Namun, ia pun tak curiga pada karyawannya sebab saat itu barang baku memang sedang mahal-mahalnya.

Cerita ngenes penjual baso aci Berbagai sumber

foto: TikTok/@waroenguncal

Kendati demikian, pemilik warung tersebut sedikit demi sedikit tetap mengumpulkan 'data'. Ia mencari tahu apa yang janggal dari cashflow di warungnya sehingga membuatnya rugi banyak.

Di situlah ia tahu ada banyak kejanggalan. Misalnya saja, uang yang harusnya disetorkan ke pemilik hilang Rp 1 juta. Ia juga menemukan timbunan bakso urat sebanyak 35 pieces di tempat yang tak seharusnya.

Tak hanya itu, orang kepercayaan tersebut bahkan membicarakan owner di belakang, dan memprovokasi karyawan lain. Yang paling membuat pengunggah shock adalah air mineral warung tersebut lenyap sebanyak 80 dus dalam sebulan. Ternyata oh ternyata, air tersebut dijual ke kedai lain.

Cerita ngenes penjual baso aci Berbagai sumber

foto: TikTok/@waroenguncal

Karena banyaknya bukti, pemilik warung pun mengajak mantan karyawannya itu untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Namun, orang tersebut justru mengelak.

"malah lempar kesalahan ke orang lain," kata pengunggah di keterangan tertulis dalam video.

Endingnya, pengunggah pun melaporkan mantan karyawan tersebut ke pihak berwajib. Setelah tiga jam diinterogasi, karyawan itu mengaku rutin menjual air mineral @waroenguncal ke kedai lain sampai berdus-dus setiap bulan. Hal itu ia lakukan selama tiga tahun bekerja.

Alhasil, cerita nahas @waroenguncal itu viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 1 juta kali, disukai 28 ribu kali, dan dikomentari 1011 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

"bisnis sushi kakakku juga begini, udah 4 lokasi tapi penghasilan kaya 1 lokasi. Pas di audit, ternyata bener semua karyawan kerja sama buat bikin bahan baku sendiri dan dijual sendiri. Habis itu covid lg akhirnya tutup semua outlet dan mulai dr 0 lagi tanpa karyawan," ujar akun @ajizinthebehind.

"kok orang" bisa yah pd ga jujur kerja,kalo aku takut banget kerja ga jujur kek gitu takut nya org" pd ga percaya lagi," tulis akun @syhst13.

"Sakit hati bgt bacanya kak semoga warung uncal makin maju terus, sukses terus kak," komentar akun @ngagayempangsit.id.