Brilio.net - Membersihkan telinga menjadi kebiasaan rutin bagi sebagian orang. Kebanyakan orang memilih cotton buds untuk membersihkan telinga. Tentunya ini bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya pakar kesehatan telah memperingatkan untuk tidak membersihkan kotoran telinga dengan cotton buds karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kondisi mengerikan usai mempersihkan teling dengan cotton buds ini terjadi pada wanita bernama Yen Nee. Lewat Facebooknya, dia berbagi cerita mengenai pengalamannya tersebut. Dilansir brilio.net dari Waupost.com, Yen harus menjalani operasi pada telinga kanannya karena mengalami peradangan akibat penggunaan cotton buds.

Yen merasakan gatal dan nyeri di telinga kanannya sejak sebulan yang lalu. Peradangannya bertambah parah dengan rasa sakit yang menjalar ke kepala, wajah, hingga tenggorokan.

"Pendengaran di telinga saya juga sangat berkurang, dan saya sering menemukan nanah keluar," ungkap Yen Nee, dikutip dari Waupost.com, Selasa (12/4).

1. Operasi telinga kanan.

wanita jalani operasi karena cotton buds © Facebook/Yen Nee foto: Facebook/Yen Nee

Sebelumnya, Yen Nee telah memeriksakan telinga kanannya tersebut. Namun tidak kunjung membaik. Merasakan sakit yang semakin parah, dia memutuskan untuk pergi ke Kek Lok Si Charitable Hospital di Penang.

Dr. Ruth Ng yang menanganinya menemukan benda keras di saluran telinga Yen Nee. Kemudian Yem menyarankannya untuk menjalani operasi pengangkatan benda tersebut.

"Operasi seharusnya memakan waktu 15 menit, tapi ternyata membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk menyelesaikannya. Ini menunjukkan betapa keras benda itu," kata Yen Nee.

2. Akibat sering memakai cotton buds.

wanita jalani operasi karena cotton buds © Facebook/Yen Nee foto: Facebook/Yen Nee

Kondisi Yen tersebut disebabkan dirinya sering membersihkan kotoran telinga bagian dalam dengan cotton buds. Menurut dr. Ng, cotton buds dapat mendorong kotoran telinga semakin ke dalam, sehingga kotoran tersangkut dan menyebabkan peradangan. Lebih buruk lagi, gendang telinga dapat pecah dan mengakibatkan ketulian.

Yen tidak pernah membayangkan kotoran tersebut mengeras dan menjadi batu di telinganya. Setelah operasi, dirinya merasa lebih baik. Kini dia tengah menjalani rawat jalan.

Dr. Ng menyarankan Yen untuk tidak membersihkan telinga. Dia menjelaskan, kotoran tersebut biasanya keluar dari saluran telinga selama aktivitas sehari-hari, seperti olahraga, mandi, atau mengunyah. Namun tetap disarankan untuk sesekali membersihkan area luar telinga.