Brilio.net - Mitos merupakan himpunan kepercayaan yang tidak didukung fakta ilmiah. Setiap daerah atau wilayah memiliki kepercayaan akan sesuatu hal. Mitos tersebut ada yang kemudian berangsur hilang, namun nggak sedikit juga yang masih eksis atau dipercaya oleh masyarakat hingga kini.

Salah satu mitos atau kepercayaan yang masih diyakini yaitu tentang kesandung mayat bagi seorang pengantin. Mitos kesandung mayat bagi pengantin yang tetangganya meninggal adalah kepercayaan bahwa kesandungan atau tersandung oleh benda-benda yang memiliki kaitan dengan kematian, seperti jenazah atau benda yang terkait dengan upacara pemakaman, akan membawa nasib buruk atau kesialan bagi calon pengantin.

Meskipun mitos ini tidak memiliki dasar ilmiah, mereka dapat memiliki pengaruh yang kuat dalam masyarakat yang masih memegang keyakinan tersebut. Seperti yang terjadi di dalam video milik akun TikTok @excel_devan2.

mitos pengantin © TikTok

foto: TikTok/@excel_devan2

Seorang MUA membagikan pengalamannya ketika sedang merias pengantin, lalu tiba-tiba mendapat kabar ada tetangga kliennya yang meninggal. Karena itu, mempelai wanita pergi melayat supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.