"jadinya hari ini aku mau mulai make up,tapi sipengantin tiba2 dipanggil sama emak nya. Katanya tetangganya ada yg meninggal, dan pengantin wajib nyelawat," tulis sang MUA dalam video yang dikutip brilio.net, Senin (28/8).

mitos pengantin © TikTok

foto: TikTok/@excel_devan2

Proses makeup yang belum selesai itu akhirnya harus ditunda sementara, karena mempelai wanita buru-buru datang melayat ke rumah duka. Dengan menggunakan kebaya serta selendang sebagai penutup kepala, pengantin wanita langsung keluar rumah.

Hal itu dilakukan agar pengantin dihindarkan dari sesuatu yang tak diinginkan. Menurut kepercayaan di sana, bila pengantin tidak melayat, maka hal buruk bisa menimpa dirinya.

mitos pengantin © TikTok

foto: TikTok/@excel_devan2

"karena kepercayaan disini,kalau ada yg jadi pengantin, trus ada yg meninggal dan ga dtg ngelayat nanti bisa ngajak meninggalnya...," ujar MUA.

Dalam beberapa kasus, calon pengantin atau keluarga mereka mungkin menghindari berbagai aktivitas atau perayaan pernikahan untuk menjauhi kemungkinan kandungan mayat atau objek-objek yang berhubungan dengan kematian.

mitos pengantin © TikTok

foto: TikTok/@excel_devan2

Bagaimanapun, ini merupakan kepercayaan yang belum bisa dibuktikan fakta ilmiahnya. Meski begitu, di sebagian daerah yang masih mempercayai hal ini banyak menjadikan mitos tersebut sebagai bagian dari tradisi budaya.

Video yang diunggah pada 2021 ini kemudian ramai dikomentari dari warganet. Banyak yang mengatakan hal sebaliknya mengenai mitos kesandung mayat ini. Bagaimana kalau di daerah kamu?

"kalau di Pati ngelayatnya bisa diwakilin.. tapi wajib bawa beras seluruh bumbu Pawon plus kayu bakar dan kelapa," ungkap Diyah Ayu Mutiyana.

"klo ditempatku gak nyelawat dtg si...cuma ngasih sedapuran lengkapkek kayu bakar beras bumbu sayur dll," ujar Ella_Noor.

"lha kalo di tempatku malah kalo mau nikah ga boleh dateng ke yang ngelayat nanti takut di ajak. kok malah kebalikan ," kata priska.dwih.

"kmrin sodara aku meninggal dan pas di hari yang sama tetangga nya ada yang hajatan dan bikin hajatan nya d dpn rmh sodara aku yang meninggal," tambah flypiexzz.

@excel_devan2 ada yg yg sama gaaa.... #fyp #fyp #wedding #tutorialmakeup #inspirasicantik #inspirasimakeup #makeupwedding #challengemakeup #inspirasi Teh Bundar Dan Kau - Iyuz misterius