Brilio.net - Di era yang serba share dan klik, menuntut kita hati-hati dalam mengonsumsi sebuah berita. Jangan sampai kamu terjebak dalam berita hoax atau tidak jelas juntrungnya.

Terkadang memang susah membedakannya. Apalagi kalau sudah menjadi viral di media sosial. Termasuk iklan di koran dengan judul 'Ada Isu Tak Sedap Tentang Wasit Vietnam vs Indonesia' yang diterbitkan oleh salah satu media lokal di Jawa Tengah.

 iklan unik  © 2016 brilio.net

Potongan berita itu ramai diperbincangkan di Twitter karena memang isinya yang seolah-olah menipu. Di awal paragraf, 'berita' ini membahas soal rumor wasit pertandingan Vietnam dan Indonesia. Akan tetapi, di bagian akhir ternyata isinya adalah jualan properti.

Kenyataannya tulisan tersebut memang advertorial. Hal ini ditandai dengan tanda 'adv' di bagian akhir tulisan. Berikut adalah artikel tersebut.

Loading...

Setelah dikonfirmasi, iklan tersebut berasal dari perusahaan properti bernama Godha Property yang beralamatkan di Yogyakarta.

"Untuk ide (iklan) itu, kita ada tim sendiri. Bukan dari redaksi (koran)," tutur Project Manager, Gandung Antono (40) saat dikonfirmasi melalui telepon oleh brilio.net, Jumat (9/12).

Iklan yang nyeleneh ini memang mendapat komentar bernada frustrasi di jagad Twitter.

"Hahaha Tidak Nyambungnya Beritanya," tulis @EmanAdryan.

"Sebuah konspirasi antara wasit dan si pembeli rumah di Magelang," komentar @salaminzaghi.