Brilio.net - Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini tengah menghadapi puncak musim hujan. Oleh karenanya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memeringatkan masyarakat untuk waspada akan adanya potensi cuaca ekstrem.

“Berdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan,” ujar Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto melalui keterangan tertulis, dikutip Brilio.net pada Selasa (23//2).

Lebih jauh, Guswanto lantas menerangkan bahwa kondisi cuaca ekstrem dapat memunculkan sejumlah bencana. Banjir adalah salah satunya. Kondisi tersebut kemudian dapat semakin parah apabila daerah resapan air di wilayah terkait tidak memadai, seperti yang biasa terjadi di Jabodetabek.

Namun untungnya, genangan air di sejumlah wilayah di Jabodetabek saat ini sudah mulai surut. Banyak warga lantas memanfaatkan momentum tersebut untuk membersihkan rumah dari lumpur.

Tak tanggung-tanggung, dari video yang diunggah oleh akun TikTok @frozen5186, sejumlah warga di Bekasi bahkan memenuhi jalanan di rumah mereka dengan perabotan rumah tangga, seperti sofa dan kasur, saat melakukan pembersihan.

Loading...

jalanan penuh perabot © TikTok

foto: TikTok/@frozen5186

Seolah sudah menjadi hal yang lumrah, tak tampak ada pihak yang komplain akan aksi memenuhi jalanan dengan perabot rumah tangga itu. Mereka justru saling berbagi tempat untuk menjemur perabot yang sempat basah lantaran terendam banjir.

Aksi para warga ini pun lalu menjadi viral dalam waktu singkat. Hingga Selasa (23/2) sore, video yang telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali itu telah mendapat lebih dari 191 ribu likes. Sementara itu, di kolom komentar terdapat respons yang beragam dari netizen.

@frozen5186

The Day After Disaster ##Banjir ##Banjir2021 ##Bekasi ##Cikarang ##fyp ##fypdongggggggg

Bang Bang Bang - hi,aku putri

"jadi kaya pasar kaget," tulis akun biinayy.

"keknya klo disitu ada kasur gua paling burik," komentar akun mybooo.

"serasa pasar tapi tidak ada jual beli," tulis akun cicu.