Brilio.net - Gempa dan tsunami Palu tahun 2018 lalu menjadi sebuah kisah pilu bagi seluruh masyarakat di Tanah Air. Duka warga Palu akibat bencana masih terekam jelas, bahkan meski sudah empat tahun berlalu. Palu diguncang gempa bermagnitudo 7,4 yang diteruskan dengan terjangan tsunami mengakibatkan kerusakan besar di sejumlah wilayah terdampak.

Di antara wilayah terdampak gempa dan tsunami, kampung Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah mengalami tragedi terparah. Kampung ini lenyap tertelan lumpur yang berasal dari tanggul kali yang roboh. Tepat di waktu magrib, tanggul ambruk dan saat gempa mengguncang rumah penduduk.

Kampung Petobo bak hilang ditelan bumi akibat likuifaksi atau tanah yang berubah menjadi gembur sehingga mengakibatkan kerusakan masif pada infrastruktur. Fenomena likuifaksi tersebut memang kerap terjadi saat sebuah wilayah diguncang gempa terus menerus. Akibatnya, bangunan ambruk dan tertimbun lumpur yang terbentuk.

Empat tahun berlalu pasca musibah Palu, seorang pengguna TikTok @dinokaleb09 membagikan potret terkini Petobo pasca tsunami. Kampung yang tertelan bumi ini mengalami perubahan besar. Wilayah ini kini telah rata dengan tanah dan menjadi saksi bisu dahsyatnya gempa dan tsunami di Palu.

Dihimpun brilio.net dari akun TikTok @dinokaleb09, berikut 9 potret terkini Petobo, kampung tertelan bumi saat gempa Palu 2018.