Earthing adalah istilah internasional dari aktivitas menaruh telapak kaki sepenuhnya di tanah, tanpa alas kaki. Memang kehidupan perkotaan akan membuat kamu kurang memiliki kontak dengan frekuensi bumi.

Berjalan kaki merupakan hal yang mudah untuk dilakukan siapapun. Setiap orang pun hampir tak pernah terlepas dari aktivitas ini. Namun, kebanyakan orang lebih sering memilih untuk berjalan kaki dengan menggunakan alas. Padahal hal itu kurang baik bagi tubuh. Berikut 5 manfaat lain earthing bagi tubuhmu.

1. Mengurangi peradangan tubuh.

Yuk lakukan Earthing dan rasakan 5 manfaatnya buat tubuhmu

Foto: Life Style Kompas

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Menurut penelitian, saat berjalan tanpa alas kaki, kaki dapat menikmati efek antioksidan ketika kaki terpapar bumi dan ini dapat membantu mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh.

2. Mengatasi insomnia.

Yuk lakukan Earthing dan rasakan 5 manfaatnya buat tubuhmu

Foto: Wajib Baca

Jika kamu seringkali mengalami insomnia, cobalah untuk berjalan tanpa alas tiap pagi hari. Hal ini dapat meminimalkan tingkat kortisoldan dan dapat meningkatkan tidurmu. Kamu juga dapat mencoba tidur di lantai untuk mendapatkan efek yang sama.

3. Mengatur sistem saraf dan mengurangi kecemasan serta stres.

Yuk lakukan Earthing dan rasakan 5 manfaatnya buat tubuhmu

Foto: Kawaii Beauty Japan

Berada di luar ruangan bisa membantu kamu untuk mengatur emosi dan menyeimbangkan sistem saraf. Tapi membiarkan tubuh bersentuhan langsung dengan tanah ternyata lebih efektif mengurangi kecemasan dan stres.

Bumi memiliki muatan negatif, sementara tubuhmu mempunyai muatan positif berkat gelombang elektromagnetik yang sering kamu gunakan dalam keseharian. Jadi, meluangkan waktu terhubung dengan alam sangat penting bagi kesehatan emosional dan fisik.

4. Meningkatkan suasana hati.

Yuk lakukan Earthing dan rasakan 5 manfaatnya buat tubuhmu

Foto: Pixabay

Cobalah untuk berjalan-jalan di pantai dengan kaki telanjang. Kamu akan merasakan perubahan suasana hati ke arah yang lebih baik. Sehingga dapat membantu mencegah depresi dan stres.

Kamu juga akan merasa damai saat energimu tetap seimbang. Sehingga mampu membantumu mengambil keputusan yang tepat dan menjalani gaya hidup yang sehat.

5. Mengurangi risiko kardiovaskular.

Yuk lakukan Earthing dan rasakan 5 manfaatnya buat tubuhmu

Foto: Jegulo.com

Berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi risiko kardiovaskular. Selain itu, dapat meminimalkan masalah kecil tertentu seperti perut kembung, sakit kepala, kelelahan, dan stres.