Selama ini sadar gak sih, kalo kebiasaanmu itu mungkin menunjukkan bahwa kamu salah satu dari PELAKU bullying? Bullyinggak selalu dengan kekerasanlho. Candaan, gurauan dan kebiasaan kita di kelas bisa saja termasuk perilaku bullying.

Mungkin kamu hanya merasa itu hanya gurauan antar teman dan hal sepele. Tapi, itu merusak psikologis korban dan membuatnya minder. Yuk, kita cek kebiasaan PEMBULLYyang belum kita sadari :

1. Memberi julukan

Terkesan sepele, 4 sikap ini ternyata bentuk tindakan bullying

tak sadar kan sering kali kalian memberi julukan pada teman? memang bermaksud hanya bercanda dan kalian memang sahabat dekat. Namun apa dia senang mendengarnya? biasanya, bila ada teman yang tingginya dibawah rata-rata, kalian menyebutnya cebol.

2. Terlalu jujur (ceplas ceplos)

Terkesan sepele, 4 sikap ini ternyata bentuk tindakan bullying

Jujur itu memang baik dan perlu. Tapi, apa jadinya kalau kalian terlalu jujur tanpa memikirkan perasaan pendengarnya? Tentu saja sakit hati. Contohnya ya, kalau kalian mulai berkomentar tentang penampilan teman "haduh, itu rambut atau ind*mie? kok sama?". Perkataan semacam ini akan membuat teman kalian minder dan secara tak langsung, kalian sudah menjadi pelaku bullying.

3. Mencari kambing hitam

Terkesan sepele, 4 sikap ini ternyata bentuk tindakan bullying

Pernahkah kalian ditegur atas kesalahan sendiri tapi mencari pembelaan dan melemparkannya pada teman? Jika ya, itu namanya mencari kambing hitam dan kalian termasuk pelaku bullying. Mengapa? Karena itu membuat kalian terbiasa menyalahkan orang lain.

4. Mempermalukan

Terkesan sepele, 4 sikap ini ternyata bentuk tindakan bullying

Terkadang ada hal-hal pada kekurangan, kesalahan ataupun keteledoran teman kalian yang menurut kalian lucu. Secara tidak sadar, kalian biasanya akan mempermalukannya dengan menunjuk, meneriaki, menertawai dan menegur di depan umum. Mungkin kalian merasa teman kalian tidak akan tersinggung karena dia sabar, diam dan hanya tersenyum. Hal ini juga akan menurunkan kepercayaan dirinya dan membuat minder.

Gimana, nih?Kalian sering lakuin 4 hal diatas? kalau ya, ini DARURAT!! artinya selama ini kalian adalah PELAKU BULLYING. Jika kalian termasuk dalam satu ataupun dua ciri diatas, tetap saja artinya kalian adalah PELAKU BULLYING. Ayo hentikan kebiasaan buruk ini and Love your friends as yourself.