×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Yakin manusia sekarang umat modern pertama? Ini penjelasannya

0

Wow

Yakin manusia sekarang umat modern pertama? Ini penjelasannya

Ratusan tahun lalu sudah ada masyarakat industri seperti sekarang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Trikus

28 / 01 / 2019 14:26

Peradaban manusia sudah ada di bumi selama ribuan tahun. Dan kehidupan manusia modern seperti saat ini terhitung berubah drastis begitu James Watt menemukan mesin uap. Hanya butuh sekitar 200 tahun saja setelahnya kehidupan umat manusia pun melompat jauh. Dari waktu yang singkat tersebut tidakkah mungkin telah terjadi pengulangan siklus peradaban umat manusia sebelumnya?

Peradaban manusia sudah ada di bumi selama ribuan tahun. Dan kita pun bertanya-tanya apakah sebelumnya sudah ada kehidupan modern sebelum era sekarang? atau mungkin kehidupan modern mahluk era sebelum spesies manusia? mari kita lihat jawabannya

Apakah kita umat manusia menjadi mahluk hidup cerdas yang pertama kali memiliki kehidupan modern di bumi ini? atau apakah baru generasi kita dari umat manusia yang berhasil mencapai zaman modern seperti saat ini? Pertanyaan tersebut akan kita coba jawab dari ulasan seorang ilmuan berikut.

"Apakah kita benar-benar tahu bahwa kita adalah spesies teknologi pertama di Bumi?" tanya Adam Frank, seorang profesor fisika dan astronomi di Rochester.

"Kita sudah memiliki masyarakat industri dalam waktu 300 tahun, tetapi sebelumnya sudah ada kehidupan yang kompleks di bumi ini selama hampir 400 juta tahun lamanya." jelas Frank.

Peninggalan Arkeologi/foto: AOL

Peninggalan Arkeologi/foto: AOL


"Jika manusia punah hari ini, kata Frank melanjutkan, setiap peradaban masa depan yang mungkin muncul di Bumi jutaan tahun kemudian akan sulit untuk mengenali jejak peradaban manusia yang ada saat ini. Dengan logika yang sama, jika beberapa peradaban sebelumnya ada di Bumi jutaan tahun yang lalu, kita mungkin kesulitan menjumpai sisa-sisanya sekarang."

Penemuan artefak fisik tentu akan menjadi bukti paling dramatis dan berharga dari peradaban lampau di Bumi, tetapi Frank meragukan kita akan pernah menemukan hal semacam itu.

"Kota-kota kita hanya mencakup kurang dari satu persen dari permukaan bumi," katanya.

Dengan demikian setiap kota yang sebanding dari peradaban sebelumnya akan mudah terlewatkan oleh para ahli paleontologi zaman modern ini. Jadi tidak ada yang semestinya mengharapkan untuk menemukan peninggalan iPhone Era Jurassic; tidak mungkin karena bahan seperti itu tidak akan bertahan jutaan tahun.

Jejak-jejak misterius di Bumi/foto: AOL

Jejak-jejak misterius di Bumi/foto: AOL


Jadi adakah mahluk cerdas sebelum manusia? atau apakah baru generasi kita yang sudah mencapai era modern seperti saat ini?Jawaban pertanyaan ini sepertinya masih belum menemukan kepastiannya setidaknya untuk saat ini.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red