Peradaban manusia sudah ada di bumi selama ribuan tahun. Dan kehidupan manusia modern seperti saat ini terhitung berubah drastis begitu James Watt menemukan mesin uap. Hanya butuh sekitar 200 tahun saja setelahnya kehidupan umat manusia pun melompat jauh. Dari waktu yang singkat tersebut tidakkah mungkin telah terjadi pengulangan siklus peradaban umat manusia sebelumnya?

Peradaban manusia sudah ada di bumi selama ribuan tahun. Dan kita pun bertanya-tanya apakah sebelumnya sudah ada kehidupan modern sebelum era sekarang? atau mungkin kehidupan modern mahluk era sebelum spesies manusia? mari kita lihat jawabannya

Apakah kita umat manusia menjadi mahluk hidup cerdas yang pertama kali memiliki kehidupan modern di bumi ini? atau apakah baru generasi kita dari umat manusia yang berhasil mencapai zaman modern seperti saat ini? Pertanyaan tersebut akan kita coba jawab dari ulasan seorang ilmuan berikut.

"Apakah kita benar-benar tahu bahwa kita adalah spesies teknologi pertama di Bumi?" tanya Adam Frank, seorang profesor fisika dan astronomi di Rochester.

"Kita sudah memiliki masyarakat industri dalam waktu 300 tahun, tetapi sebelumnya sudah ada kehidupan yang kompleks di bumi ini selama hampir 400 juta tahun lamanya." jelas Frank.

Yakin manusia sekarang umat modern pertama? Ini penjelasannya

Peninggalan Arkeologi/foto: AOL


"Jika manusia punah hari ini, kata Frank melanjutkan, setiap peradaban masa depan yang mungkin muncul di Bumi jutaan tahun kemudian akan sulit untuk mengenali jejak peradaban manusia yang ada saat ini. Dengan logika yang sama, jika beberapa peradaban sebelumnya ada di Bumi jutaan tahun yang lalu, kita mungkin kesulitan menjumpai sisa-sisanya sekarang."

Penemuan artefak fisik tentu akan menjadi bukti paling dramatis dan berharga dari peradaban lampau di Bumi, tetapi Frank meragukan kita akan pernah menemukan hal semacam itu.

"Kota-kota kita hanya mencakup kurang dari satu persen dari permukaan bumi," katanya.

Dengan demikian setiap kota yang sebanding dari peradaban sebelumnya akan mudah terlewatkan oleh para ahli paleontologi zaman modern ini. Jadi tidak ada yang semestinya mengharapkan untuk menemukan peninggalan iPhone Era Jurassic; tidak mungkin karena bahan seperti itu tidak akan bertahan jutaan tahun.

Yakin manusia sekarang umat modern pertama? Ini penjelasannya

Jejak-jejak misterius di Bumi/foto: AOL


Jadi adakah mahluk cerdas sebelum manusia? atau apakah baru generasi kita yang sudah mencapai era modern seperti saat ini?Jawaban pertanyaan ini sepertinya masih belum menemukan kepastiannya setidaknya untuk saat ini.