Ketidakhadiran Setya Novanto dalam pemanggilan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat dirinya didatangi ke rumahnya kemarin malam. Namun, rupanya kedatangan KPK berakhir dengan tangan hampa. Sang Ketua DPR tidak ada di rumahnya.

Namun persitiwa itu membuka fakta mengejutkan yang mengejutkan. Fakta apa itu terkait dengan harga rumahnya. Kenapa dengan harga rumah Ketua Umum Partai Golkar ini? Rupanya rumah Setya Novanto yang berlokasi di Jalan Wijaya XIII No. 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan memiliki harga yang fantastis. Rumah bertingkat empat dengan luas lahan 1.600 meter persegi ditaksir dengan bernilai Rp 204,8 miliar. Wow banget kan?

Ini taksiran harga rumah Setya Novanto, bikin terkagum-kagum

Bagaimana rumah Ketua DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTT ini bisa bernilai sebesar itu? Menurut data situs rumah123, rata-rata harga rumah baru di Kawasan Wijaya dengan luas lahan 1.000 meter persegi dan luas bangunan 1.500 meter persegi harganya sekitar Rp 100 miliar sedangkan rumah tua harganya lebih rendah yakni sekitar Rp 20 miliar sampai Rp 80 miliar. Fantastis bukan?

Ini taksiran harga rumah Setya Novanto, bikin terkagum-kagum

Ini taksiran harga rumah Setya Novanto, bikin terkagum-kagum

Dengan tolok ukur itu maka harga tanah di kawasan itu mencapai Rp 80 juta per meter persegi dan untuk bangunan Rp 20 juta per meter persegi. Dengan harga itu, luas lahan rumah Setya Novanto diketahui 1.600 meter persegi dan luas bangunannya di asumsikan 60% dari luas lahan yaitu setara 960 meter persegi dan dikali empat maka luas rumah menjadi 3.840 meter persegi. Wow luas sekali!

Ini taksiran harga rumah Setya Novanto, bikin terkagum-kagum

Selanjutnya, dengan luas lahan 1.600 meter persegi dikali Rp 80 juta harga acuan lahan maka nilai lahan rumah sudah mencapai Rp 128 miliar dan luas bangunan 3.840 meter persegi dikali Rp 20 juta harga acuan maka nilainya menjadi Rp 76,8 miliar.

Terakhir jika kamu tambahkan harga lahan dan bangunannya dari perhitungan di atas maka kamu akan dapat nilai Rp 204,8 miliar. Nilai rumah yang sangat fantastis bak istana.