Iqbaal Ramadhan kembali terpilih menjadi peran utama dalam sebuah film setelah kesuksesannya memerankan tokoh Dilan di film "Dilan 1990".Kali ini ia akan bermain di film berjudul "Bumi Manusia" garapan Falcon Pictures yang disutradarai oleh suradara kawakan Hanung Bramantyo. Dalam film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini, Iqbaal akan memerankan sosok Minke.

Film berlatar zaman kolonial Belanda ini mengisahkan Minke sosok pemuda pribumi Jawa, yang bisa sekolah di HBS, sebuah sekolah yang hanya diperuntukkan bagi keturunan orang-orang Eropa. Namun, karena Minke adalah anak pesohor sekaligus sosok yang pandai dan piawai dalam menulis, maka ia diperbolehkan untuk sekolah di sana.

Selama menjalani masa sekolah, Minke diceritakan jatuh cinta kepada Annelies (Mawar De Jongh), anak blasteran seorang Belanda dengan wanita pribumi Nyai Ontosoroh yang diperankan Ine Febrianty.Banyak yang merasa kalau Iqbaal tak pantas menjadi sosok Minke, mengingat peran Dilan sosok remaja nakal tapi romantis yang sudah sangat melekat pada dirinya.

Seperti yang dikatakan oleh akun @Ranggabundar yang merasa kecewa atas keputusan itu. Ia menulis,Bumi Manusia adalah hal paling magis yang pernah ditulis Pram. Pram bahkan menulis Minke dari gambaran RM Tirto Adhi Soerjo, bapak pers nasional. Dan hanung memilih seorang remaja, ironi!

Warganet@reynaldipawinru juga protes bahwa ia lebih setuju kalau pemain Bumi Manusia lebih baik dibawakan oleh pemain teater novel tersebut. Bumi Manusia sebelumnya sempat dimainkan dalam karya teater dengan judul Bunga Penutup Abad.

Ada petisi tolak Iqbaal Ramadhan perankan Minke, menurutmu gimana?

Profesor Ariel Heryanto, ahli sosiologis Indonesia, juga ikut berkomentar atas film ini. Menurutnya, ini adalah bagian dari komersialisasi. Meski demikian ia menolak berkomentar terkait apakah kekecewaannya itu terkait dengan pemilihan pemain film tersebut.

Bahkan muncul sebuah petisi dari change.org yang dibuat oleh Ady Gilang dengan judul 'Tolak Iqbaal Ramadhan (Dilan) Memerankan Minke dalam Film Bumi Manusia'.

Hingga Selasa (29/5/2018), petisi ini telah ditandatangani oleh 363 orang. Sedangkan target petisi yang dibuat beberapa hari lalu ini adalah 500 tanda tangan.

Ada petisi tolak Iqbaal Ramadhan perankan Minke, menurutmu gimana?

Isi dalam petisi itu, rupanya tak membenci Iqbaal untuk memerankan sosok Minke, melainkan Ady Gilang tidak melihat aura sosok Minke ada pada Iqbaal. Sebab, karakter Dilan sudah sangat melekat pada diri Iqbaal Ramadhan.

Namun, masih banyak juga yang mendukung Iqbaal menjadi sosok Minke. Seperti @benzbara_ "dari komen-komen masuk tentang adaptasi bumi manusia ke film, saya lihat satu hal yang baru: ternyata gak cuma ada pengultusan sosok, tapi juga pengultusan karya. banyak yg anggap bumi manusia sakral sehingga enggak boleh diapa-apain termasuk dijadiin film."

Atau akun @nurulasfiya94 yang menulis, "berputar waktu iqbaal dipilih jadi dilan juga banyak yg bilang ga cocok, tapi buktinya? film dilan sukses tembus 6jt lebih. itu membuktikan kalo iqbaal emang mampu memerankan karakter sbg dilan. kita tunggu aja film ini,kalo aku sih yakin iqbaal bisa walaupun menurut kamu terlalu unik dan rumit."

Hmm...gimana ya nantinya? Lebih baik kita lihat hasilnya nanti.