Di perkotaan, penggunaan transportasi pribadi khususnya mobil adalah suatu hal yang biasa. Jalanan yang macet biasanya didominasi oleh ribuan mobil yang hendak parkir menuju kantor di berbagai sudut kota. Nggak hanya menimbulkan kemacetan, mobil juga salah satu pemicu menumpuknya polusi udara di atmosfer kota.

Seiring bersamaan dengan isu pemanasan global, kini secara bertahap berbagai kota di dunia mulai membuat aturan tentang penggunaanmobil di wilayahnya. Sebelumnya, sudah ada beberapa kota di negara lain yang juga membuat kebijakan serupa. Berikut adalah 11 kota di dunia yang akan melarang penggunaan mobil di wilayah mereka.

1. Oslo, Norwegia

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Ibu kota Norwegia ini berencana untuk melarang semua mobil melintas di pusat kota pada tahun 2019 mendatang. Perlu diketahui bahwa enam tahun sebelum larangan ini berlaku untuk seluruh kota di Norwegia, Oslo akan melakukan investasi besar-besaran dalam transportasi umum dan mengganti 35 mil dari jalan yang sebelumnya didominasi oleh mobil dengan jalur sepeda.

2.Madrid, Spanyol

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Madrid berencana untuk melarang mobil di area seluas 500 hektar dari pusat kota pada tahun 2020. Total ada 24 jalan tersibuk di Madrid yang akan ditata ulang agar bebas dari kendaraan dan diganti dengan budaya jalan kaki.

Inisiatif ini merupakan bagian dari "rencana mobilitas berkelanjutan" kota tersebut, yang bertujuan mengurangi pemakaian mobil sehari-hari dari 29% menjadi 23%. Pengemudi yang mengabaikan peraturan baru akan membayar denda minimal $ 100. Dan mobil yang paling berpolusi akan membayar lebih untuk parkir.

3. Hamburg, Jerman

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Kota di Jerman ini berencana membuat budaya jalan kaki dan bersepeda menjadi moda transportasi yang dominan. Dalam dua dekade ke depan, Hamburg akan mengurangi jumlah mobil dengan hanya mengizinkan pejalan kaki dan bikers memasuki area tertentu.

Proyek ini akan membangun netza, atau "jaringan hijau", ruang terhubung yang dapat diakses orang tanpa mobil. Pada 2035, jaringan ini akan mencakup 40% Hamburg dan akan mencakup taman, taman bermain, lapangan olah raga, dan makam.

4.Copenhagen, Denmark

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Saat ini, lebih dari separuh sepeda penduduk Kopenhagen melintas setiap harinya. Ini terjadi berkat usaha kota untuk mengenalkan zona pejalan kaki yang dimulai pada tahun 1960an. Ibukota Denmark ini telah menawarkan lebih dari 200 mil jalur sepeda dan memiliki persentase kepemilikan mobil terendah di Eropa.

Tujuan akhir Copenhagen adalah membangun sebuah superhighway untuk sepeda yang akan merentang ke pinggiran kota sekitarnya. Yang pertama, 28 rute yang direncanakan telah dibuka pada tahun 2014, dan 11 lainnya akan selesai pada akhir 2018. Kota ini juga telah berjanji untuk benar-benar bebas karbon pada tahun 2025.

5.Paris, Prancis

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Paris telah melarang mobil dengan plat nomor genap selama satu hari di tahun 2014, dan hasilnya polusi terbukti turun 30%. Kini, kota tersebut akan mencegah mobil mengemudi di pusat kota. Pada Juli 2016, semua pembalap yang mengendarai mobil buatan 1997 kebawah tidak diizinkan mengemudi di pusat kota pada hari kerja.

Walikota Paris mengatakan bahwa kota ini juga berencana untuk menggandakan jalur sepeda dan membatasi jalan-jalan tertentu agar beralih ke mobil listrik pada tahun 2020. Kota ini juga terus melakukan usaha jangka pendek untuk mengurangi emisi bebas mobil yang dimulai pada tahun 2015.

6.London, Inggris

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Sama seperti Paris, walikota London mengatakan bahwa kota tersebut akan melarang mobil diesel pada tahun 2020. Saat ini, kota ini telah menghambat penggunaan mesin diesel di beberapa wilayah kota dengan mengenakan biaya sebesar $ 12,50 per hari untuk mobil diesel yang masuk pada jam sibuk. Mereka menyebut peraturan "biaya kemacetan".

Pada bulan Juli 2017, Inggris secara keseluruhan mengumumkan bahwa mereka akan melarang penjualan mobil diesel dan gas pada tahun 2040. Dilansir dariThe Guardian, tujuan dari hal ini adalah untuk memerangi krisis polusi udara di Inggris.

7.Brussels, Belgia

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Sebagian besar jalan yang mengelilingi alun-alun kota Brussels, bursa saham, dan Rue Neuve (jalan perbelanjaan utama) selalu menjadi milik pejalan kaki. Jalan-jalan ini merupakan zona bebas mobil kedua terbesar di Eropa setelah Copenhagen.

Pada tahun 2002, Brussels meluncurkan "Mobility Week" pertamanya, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penggunaan transportasi umum. Dan untuk satu hari setiap bulan September, semua mobil dilarang melintas di seluruh pusat kota.

Kota ini terus mencari banyak cara untuk memperluas zona bebas mobilnya. Pada bulan Januari 2018, Brussels mulai melarang mobil diesel yang dibuat sebelum tahun 1998. Dilansir dariThe Guardian,pada musim panas ini, Brussels akan membuat transportasi umum yang bebas dari polusi udara tinggi.

8.Berlin, Jerman

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Pada tahun 2008, ibukota Jerman ini telah menciptakan zona rendah emisi yang melarang semua kendaraan gas dan diesel yang gagal memenuhi standar emisi nasional. Dilansir dariCurbed,daerah tersebut mencakup sekitar 34 mil persegidari pusat kota dan mempengaruhi sekitar sepertiga penduduk Berlin.

Berlin juga mengumumkan sebuah rencana pada bulan Maret 2017 untuk membangun jalur sepeda super-highways, yang masing-masing akan melengkung setinggi 13 kaki dan bebas dari mobil. Proyek tersebut mulai dibangun pada akhir 2017 kemarin.

9.Meksiko city, Meksiko

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Pada bulan April 2016, pemerintah daerah kota Meksiko memutuskan untuk melarang sebagian mobil mengemudi ke pusat kota setiap dua hari di hari kerja dan di hari Sabtu selama 2 kali dalam sebulan. Aturan ini menentukan mobil mana yang bisa dikendarai pada hari tertentu dengan menggunakan sistem rotasi berdasarkan pelat nomor kendaraan.

Dilansir dariAssociated Press, kebijakan tersebut berlaku untuk sekitar dua juta mobil dan telah membantu mengurangi polusi udara di kota.

10.San Francisco, Amerika Serikat

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Dilansir dariSF Gate,pada bulan Agustus 2017, San Francisco mengumumkan rencananya untuk melarang mobil dan menambahkan jalur sepeda di 2,2 mil dari Market Street, salah satu jalan tersibuk di kota ini.

Rencana ini ditaksir akan menghabiskan $ 604 juta dan membutuhkan waktu beberapa tahun, namun pembangunan tahap pertama dimulai pada awal 2018. Proyek ini bertujuan untuk membuat Market Street lebih ramah pejalan kaki.

11.New York, Amerika Serikat

Macet sampai polusi, 11 kota ini akan larang warganya memakai mobil

Tidak seperti kota-kota lain, New York City tidak merencanakan pelarangan mobil dalam waktu dekat, tapi meningkatkan jumlah kawasan pejalan kaki, bersamaan dengan jalur sepeda, kereta bawah tanah, dan bus.

Jalur tanah di daerah populer seperti Times Square, Herald Square, dan Madison Square Park secara permanen hanya untuk pejalan kaki. Pada tiga hari Sabtu setiap bulan Agustus, ratusan ribu orang dapat menikmati Summer Streets, sebuah acara tahunan yang melarang mobil mengemudi di jalan raya utama yang menghubungkan Central Park ke Jembatan Brooklyn, dan membuka jalan bagi pejalan kaki.