Pembaharuan terbaru WhatsApp versi Beta 2.18.162 sudah tersedia. Ada dua fitur terbaru yang sangat sayang jika tidak dicoba, yaitu fitur "Group Video Calling" dan "Group Voice Call".

Sebelum mendarat mulus pada perangkat Android, pembaharuan dengan menyertakan dua fitur anyar ini, telah lebih dahulu "landing" di perangkat smartphone berbasis IOS. Meskipun baru bersifat "server-side", yang berarti baru bisa dicoba oleh sebagian besar pengguna. Namun, sebagai pengguna WhatsApp, sayang rasanya jika kita tidak mencoba kedua fitur yang masih fresh ini.

Dilansir dari pos-kupang.com (29/5), beberapa pengguna di Indonesia sudah diberi kesempatan untuk menjajal kedua fitur terbaru dari WhatsApp tersebut. Namun, apabila respon sebagian besar pengguna yang diberi kesempatan untuk menjajal itu positif, maka secara bertahap pihak WhatsApp akan menyediakannya untuk para pengguna di seluruh dunia.

Video Call berempat di WhatSapp sekarang sudah bisa, ini carannya

Foto: pacebro.com

Untuk fitur "Group Video Calling", pihak WhatsApp menyediakan ruang bagi empat orang sekaligus untuk melakukan obrolan tatap muka. Sedangkan untuk fitur "Group Voice Call", WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berkumpul dalam satu obrolan suara. Namun, khusus untuk fitur ini tidak disebutkan berapa maksimal jumlah pengguna yang dapat bergabung di dalamnya.

Dengan adanya kedua fitur ini, beberapa pengguna yang memiliki ikatan, namun terpisah oleh jarak satu sama lainnya, dapat bergabung dalam satu panggilan suara atau panggilan video.

Khusus untuk melakukan panggilan video yang dilakukan oleh empat orang (Group Video Calling), dapat melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ketuk ikon kontak yang ada di pojok kanan atas (berlingkar merah), kemudian pilih kontak mana yang akan diajak melakukan obrolan.

2. Setelah cara pertama dilakukan, maka untuk menggabungkan pengguna lain, ketuk ikon kotak dengan tanda "+" yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih kontak-kontak mana yang akan diajak bergabung dalam obrolan.

3. Jika sudah ada dua atau tiga pengguna yang bergabung, setiap pengguna dapat melihat profil dan nomor dari semua partisipan yang tergabung dalam obrolan. Hal ini disediakan, agar para pengguna yang tergabung bisa memutuskan apakah akan tetap mengikuti obrolan atau keluar.

Cara serupa juga digunakan untuk fitur "Group Voice Call". Namun sekali lagi, fitur ini masih bersifat Server-Side, artinya hanya sebagian besar pengguna saja yang kebagian mencobanya dan tidak semua.

Jadi, meskipun kita telah melakukan pembaharian terhadap aplikasi WhatsApp, belum tentu kedua fitur ini bisa kita temukan. Namun seperti informasi di awal tadi, secara bertahap, ke depannya fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp.

Selamat mencoba. (ekd)

Source : pos-kupang.com

Image : pacebro.com