Satu lagi anak bangsa yang mengharumkan Tanah Air berkat prestasinya. Namanya kini bahkan menggaung kencang bersama Sape, alat musik petik tradisional suku Dayak, Kalimantan yang selalu ia bawa.

Amoris, pria kelahiran Kalimantan Utara, 31 Agustus 1991 ini dikenal dengan nama Uyau Moris. Pria berumur 26 tahun ini selalu bangga mengenalkan tradisi budayanya sebagai anak Dayak Kenyah yang bertempat tinggal di Desa Wisata Setulang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Kecintaan Uyau Moris terhadap Sape ini diceritakan sejak kecil. Kira-kira ketika sudah menginjak umur 8 tahun, ia pun belajar langsung dari Sang Kakek yang bernama Majan Kasit, pemain Sape dan pembuat Sape yang juga terkenal di daerah asalnya.

Berkat keahliannya bermain Sape, Uyau Moris pun bisa berkeliling dunia untuk menunjukkan keindahan bunyi dari alat petik tradisional ini. Beberapa negara di Asia sudah dijamahnya bersama Sape. Mulai dari Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina dan Jepang. Uyau Moris juga berkeliling ke Kanada dan Amerika Serikat untuk mempromosikan budayanya,Tak ketinggalan beberapa negara di kawasan Eropa juga sudah diinjaknya berkat Sape.

Uyau Moris, Anak Dayak Kenyah Mendunia Berkat Sape'

Tak hanya piawai memainkan Sape lulusan Etnomusikologi di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta ini juga ternyata menurunkan keahilan Sang Kakek yang jago membuat alat musik tradisional ini.

Asyiknya, Uyau Moris tahu betul bagaimana memperkenalkan alat musik tradisional ini dengan gaya modern kepada anak-anak muda lainnya. Caranya, ia rajin mengunggah video aransemen musik dengan lagu-lagu baru di kanal Youtube miliknya.

Sejak April 2015,setidaknya sudah lebih dari seratus video yang diunggah dan kebanyakan menunjukkan indahnya alunan merdu Sape dengan lagu kekinian.

Mulai dari Versace On The Floor milik Bruno Mars, Despacito, Scared To Be Loney hits dari Martin Garrix&Dua Lipa hingga Akad besutan Payung Teduh.

Tak heran 26 ribu subscribernya di kanal Youtube selalu menyukai video aransemen Uyau Moris dan berkomentar dengan kagum dengan alunan merdu Sape.

Ini salah satu videonya...

Nah, kira-kira Kamu tertarik kah belajar alat musik tradisional dan mengikuti jejak Uyau Moris dan mendunia berkat keahliannya?