×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips yang bisa kamu coba sebelum menjalani UMPTKIN 2021

0

N/A

Tips yang bisa kamu coba sebelum menjalani UMPTKIN 2021

Buat kamu yang pengin lulus UMPTKIN, ketahui tips dan strategi belajar materi UMPTKIN.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nando Rifky

30 / 01 / 2021 11:35

UM-PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, seperti IAIN, UIN, dan STAIN. UMPTKIN hampir mirip dengan SBMPTN karena model seleksinya sama-sama menggunakan nilai ujian. Perbedaan di antara keduanya yaitu UMPTKIN untuk masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, sedangkan SBMPTN untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri seperti UB, UM, UI, UGM dan banyak Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

UM-PTKIN menggunakan model seleksi berbasis ujian, satu-satunya cara untuk menguasai materi UMPTKIN adalah dengan mempelajari materi UPTKIN. Kamu tidak usah bingung cara mendapatkan soal latihan UMPTKIN, karena saat ini banyak yang membagikan contoh latihan soal Google, atau juga bisa membeli buku soal latihan di toko buku yang ada di kotamu. Biasanya buku latihan soal UMPTKIN sudah dilengkapi penjelasan dan juga ringkasan materi yang mengacu pada kisi-kisi UMPTKIN.

Lantas, apa saja sih materi UMPTKIN? Soal-soal UMPTKIN yang akan diujikan meliputi beberapa bidang ujian, seperti berikut ini. 

1. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes ini biasa dilakuakn untuk seleksi, baik seleksi pekerjaan maupun seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi. Pada dasarnya, materi TKD mencakup Tes Intelegensi Umum (TIU) dimana TIU dimaksudkan untuk menilai:

Loading...

- Kemampuan verbal (mampu menyampaikan informasi secara tulis dan lisan).

- Kemampuan numerik (mampu melakukan operasi perhitungan angka).

- Kemampuan berpikir logis (mampu melakukan penalaran secara runtut dan sistematis).

- Kemampuan berpikir analitis (mampu mengurai suatu permasalahan secara sistematik).

2. Bahasa. 

Tes bahasa di sini mencakup bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

3. Soal Keislaman UMPTKIN. 

Soal Keislaman ini mencakup Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Akidah Akhlak.

4. Tes sesuai dengan bidang yang diambil. 

Yang dimaksud dengan tes sesuai dengan bidang yang diambil adalah akan dilakukan tes kemampuan untuk:

- Tes kemampuan bidang IPA (Matematika dasar, Fisika, Kimia, dan Biologi).

- Tes kemampuan bidang IPS (Matematika dasar, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah).

Tips Menjalani UMPTKIN 2021.

UMPTKIN 2021

Adapun beberapa tips yang bisa kamu lakukan jauh hari sebelum melaksanakan UMPTKIN, yaitu:

1. Memperbanyak referensi bacaan.

Banyak yang mengatakan jendela dan gerbang ilmu adalah dengan membaca. Kamu harus mempelajari materi keislaman seperti Al-quran Hadist, Akidah, Fikih, hingga Sejarah Kebudayaan Islam. Karena mendalami materi tersebut pasti akan sangat membantu kalian dalam mengerjakan tes soal Keislaman UMPTKIN.

2. Keep practice (latihan trus).

Kamu harus menaikkan semangat belajar dan terus latihan. Ingat 1x malas malasan 100x pesaing kamu melangkah ke depan. Kamu pasti gak mau dong kalah langkah sama peserta lain. Rasa malas belajar pasti akan menghampiri, tapi setiap usaha yang kamu lakukan pasti membuahkan hasil. Selalu optimis tanpa mengesampingkan realistis. Persiapkan UMPTKIN jauh jauh hari sebelum hari itu tiba.

3. Kerjakan soal dengan benar dan cepat.

Setiap tes pasti akan diberikan waktu tertentu, yang jelas waktu itu tidak akan cukup jika hanya digunakan untuk bengong memikirkan jawaban. Untuk soal-soal yang kamu anggap sulit bisa melewatinya dan diulang lagi jika ada waktu sisa.

4. Belajar dari soal-soal tahun sebelumnya.

Biasanya tipe soal yang keluar di setiap tes memiliki pola yang hapir sama, bahkan mirip, bukan berarti sama persis. Tapi, setidaknya dengan membaca dan mempelajari soal UMPTKIN tahun sebelumnya akan memberikan kalian gambaran tentang soal apa saja yang muncul dan seperti apa model soal yang akan kamu kerjakan nanti.

5. Jangan terlalu sering membuka media sosial. 

Tidak bisa dipungkiri saat ini media sosial sangat banyak menyita waktu kita. Waktu yang tadinya bisa diperuntukan untuk kegiatan produktif, karena kita tidak bijak membagi waktu bersosial media menjadikan boomerang ke diri kita sendiri. Saat kita terlena oleh sosial media tanpa kita sadari waktu terus berjalan, terbuang sia-sia untuk melihat hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan UMPTKIN. Kurangin lah bermain sosial media yang tidak ada kaitannya dengan UMPTKIN hingga proses seleksi selesai.

Jika kamu memang ingin lulus UMPTKIN dan masuk Perguruan Tinggi yang kalian inginkan seperti IAIN, UIN, STAIN usahakan untuk mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan terus berlatih mempelajari materi soal UMPTKIN. Jangan lupa untuk terus berdoa. Tidak ada hasil yang menghianati usaha.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red