Junialarasati P.

Mengadakan reuni memang gampang-gampang susah. Bagian gampangnya adalah melacak keberadaan teman-teman karena hampir bisa dipastikan bahwa sebagian besar memiliki akun Facebook atau LinkedIn. Nah bagian sulitnya justru meyakinkan mereka untuk hadir di hari H.

Simak 7 tips berikut ini agar acara reunimu dihadiri oleh banyak teman.

1. Meng-update data alumni.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai mencari di Facebook dengan menggunakan nama lengkap atau nama panggilan. Minta bantuan juga kepada teman yang sudah terdata. Semakin banyak yang mencari akan semakin cepat juga terlacak di mana keberadaan teman-temanmu bukan?

2. Buat format undangan sesuai interest para alumni.

Dari akun medsos, kamu akan tahu kesukaan seseorang mengenai suatu hal tertentu. Gunakan itu untuk sebagai bahan untuk mendesain beberapa alternatif undangan reuni yang kira-kira sesuai dengan kesukaan anggota reuni.

3. Kirim undangan via email dan media sosial.

Bila kebanyakan dari teman-temanmu memiliki akun Facebook, maka buatlah calendar event di sana dan tag semua orang. Berdasarkan kebiasaan, teman-temanmu yang masih produktif akan membuka inbox email setiap hari, sementara yang tidak bekerja mungkin akan lebih sering berselancar di Facebook, jadi tidak ada salahnya untuk mengirim ke dua channel itu. Minta juga mereka untuk merespon apakah akan datang?

5. Ajukan proposal donasi.

Dari data reuni sebelumnya mungkin sudah ada daftar donatur yang ikut berkontribusi. Coba kirimkan pesan kepada mereka mengenai kemungkinan menjadi donatur kembali. Siapkan proposal pengajuan dana dan juga laporkan detail acara kepada mereka.

6. Upgrade susunan acara reuni.

Bagian ini sudah masuk ke area kreativitas di mana panitia harus memiliki trik bagaimana merancang acara supaya semua orang terlibat dan merasa senang. Sharing session dari sesama alumni dan mengundang para guru bisa jadi bagian dari acara.

7. Sewa tempat acara yang menarik.

Hitung total peserta yang sudah mengonfirmasi kedatangan, baru kamu bisa menentukan akan menyewa hotel atau restauran. Cari tempat yang mudah dijangkau dari seluruh penjuru kota agar memudahkan orang untuk datang. Bandingkan beberapa alternatif tempat melalui Spotqoe.com dan lakukan pemesanan secara online.