Berdasarkan hasil studi, ternyata manusia mampu bermimpi lebih dari sekali dalam satu hari. Bahkan, bisa sampai empat atau lima kali. Namun, sebagaimana kita tahu, itu terjadi di alam bawah sadar manusia, sehingga terkadang kita tidak bisa mengingat apa yang dimimpikan pada saat tidur.

Dilansir dari gadis.co.id (26/5), mimpi yang biasa kita alami ketika tidur, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Meringankan stres

Tak banyak yang tahu, ini lho 4 manfaat kesehatan dari mimpi

Salah satu reaksi tidak sengaja yang terjadi pada diri kita, dalam hal mengeluarkan emosi terpendam secara positif adalah lewat mimpi. Tanpa kita sadari, dengan keluarnya emosi tersebut lewat mimpi, sebenarnya kita sudah mengeluarkan unek-unek yang menjadi beban pikiran. Dengan demikian, lewat mimpi secara tidak langsung kita berhasil meringankan atau mengurangi stres.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Tak banyak yang tahu, ini lho 4 manfaat kesehatan dari mimpi

Tidur dengan nyenyak akan membuat struktur tubuh kita membaik. Kualitas tidur kita pun bisa dikatakan baik, salah satunya karena kita bisa tidur dengan nyenyak. Namun, tanpa kita sadari mimpi juga merupakan tanda bahwa kita sudah tidur dengan nyenyak.

3. Meningkatkan daya ingat

Tak banyak yang tahu, ini lho 4 manfaat kesehatan dari mimpi



Sebelum tidur, kita biasanya mencoba untuk mengingat apa-apa saja kejadian yang telah kita alami selama seharian. Hal ini dilakukan, agar segala sesuatunya terekam dalam memori, yang bisa saja berfungsi sebagai pengingat di keesokan harinya. Hal-hal tersebut, tanpa kita sadari biasanya akan terbawa sampai ke mimpi, sehingga secara tidak langsung mimpi telah memindahkan peristiwa-peristiwa tersebut ke dalam ingatan.

4. Mencegah kerusakan pada otak

Tak banyak yang tahu, ini lho 4 manfaat kesehatan dari mimpi

Kerusakan otak tidak hanya terjadi karena hal-hal yang bersifat fisik saja. Hal-hal yang bersifat psikologis, juga bisa merusak otak. Mengingat, kondisi emosi dan pemilihan, merupakan aktivitas otak yang terjadi pada saat malam hari. Mimpi yang hadir di dalam tidur, rupanya berfungsi untuk meringankan beban dari aktivitas-aktivitas otak tersebut.